Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Lainnya - Long life hallucinations

Pacitan Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

7 Tips agar Asisten Rumah Tangga Betah Bekerja

22 November 2021   21:33 Diperbarui: 27 November 2021   18:07 291 23 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi asisten rumah tangga di rumah. Sumber: Freepik/Prostooleh via Kompas.com

Asisten rumah tangga pada nyatanya adalah pekerjaan yang menguras tenaga. Hal ini mengikuti rumus dasar bahwa pekerjaan rumah lebih menumpuk daripada yang terlihat. Ada saja yang bisa dikerjakan mulai dari perkara kecil sampai yang melelahkan.

Karena itulah suatu hunian biasanya membutuhkan asisten rumah tangga atau yang biasa disingkat ART. Keberadaan asisten rumah tangga tentu akan sangat membantu banyaknya pekerjaan rumah. terlebih jika pemilik rumah punya kesibukan dalam pekerjaannya.

Terkait dengan banyaknya pekerjaan rumah yang dapat diselesaikan oleh asisten rumah tangga, maka sebagai pemilik rumah harus tahu bagaimana cara agar membuat asisten rumah tangga betah.

Pada dasarnya, setiap asisten rumah tangga merasa tidak nyaman pada awalnya. Maka berikut tips bagi pemilik rumah agar asisten rumah tangga betah bekerja :

1. Beri fasilitas yang nyaman

Di mana pun dan dalam ranah apa pun, fasilitas pasti menunjang kenyamanan. Kita liburan jika fasilitasnya sangat memanjakan akan merasa malas kembali pulang bukan ? Begitu juga dengan asisten rumah tangga yang membutuhkan fasilitas yang nyaman.

Fasilitas nyaman di sini berarti kita sebagai pemilik rumah harus memperhatikan kebutuhannya. Misal beri tempat istirahat yang memadai dan juga memenuhi beberapa kebutuhan pokok yang terkait saat dia bekerja.

Kita harus ingat bahwa asisten rumah tangga juga manusia yang membutuhkan fasilitas untuk menunjang kenyamanannya. Jadi jangan lupa untuk memperhatikan detail yang terpenting ini.

2. Usahakan tidak memerintah seenaknya

Sebagai pemilik rumah, kita mempunyai hak untuk memberikan perintah kepada asiaten rumah tangga. Misal memerintah untuk belanja dan membersihkan ini itu. Apa pun yang terkait dengan pekerjaannya kita boleh memerintah namun harus dengan sopan juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan