Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Lainnya - Long life hallucinations

Pacitan Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

7 Kesalahan dalam Berbicara yang Sebaiknya Dihindari

10 September 2021   12:17 Diperbarui: 10 September 2021   16:15 288 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
7 Kesalahan dalam Berbicara yang Sebaiknya Dihindari
@tvn_drama

Berbicara sebagai ajang komunikasi manusia tentu saja menjadi hal pokok dalam kehidupan. Setiap harinya manusia akan membicarakan apa saja, dari sekedar say hello hingga pembicaraan serius yang melibatkan pemikiran mendalam.

Meski berbicara menjadi kekuatan komunikasi, disisi lain juga bisa menjadi bumerang. Cara berbicara yang salah justru akan menjebak pembicaranya menjadi orang yang tidak ingin didengar. Berikut tujuh kesalahan dalam berbicara yang sebaiknya dihindari :

1. Gosip

Tanpa sadar, manusia kerapkali terjebak dalam percakapan gosip setiap harinya. Pembicaraan ini mengalir begitu saja seolah bukan topik yang harus dihindari. Seolah hanya tampak seperti berbagi informasi biasa. Namun memang tidak lengkap jika sharing information tidak dibumbui dengan pendapat pribadi dan dugaan. Maka disinilah arah pembicaraannya menjadi gosip.

Meski terkesan hanya sebagai pembicaraan ringan, sebenarnya gosip bukan hal yang baik. Seseorang yang telah dicap sebagai tukang gosip, pernyataannya tidak akan diakui sebagai fakta.

Menyandang status penyebar gosip juga bukan ide yang bagus. Ketika ada seseorang yang merasa tidak terima akan gosip tentang dirinya, maka sang penyebar gosip akan diserang dengan kebencian. Hal ini dapat berimbas pada hilangnya kepercayaan orang-orang di sekitar.

2. Menghakimi

Menghakimi orang lain adalah sebuah topik pembicaraan yang menyebalkan. Hal ini karena mereka biasanya suka asal langsung berpendapat tanpa mempertimbangkan beberapa faktor disekitarnya. Bagi mereka, apapun yang terfikirkan harus dilontarkan.

Hal ini bisa menyakiti perasaan orang lain. Karena tidak seorangpun yang suka dikritik atas hidupnya, terlebih ketika sesuatu telah dipertimbangkan dengan matang.

Orang yang suka menghakimi juga sulit untuk mendengarkan pendapat orang lain. Mereka gigih pada pendapatnya. Kalau sekali tidak suka ya tidak suka. Meski diberi argumrn masuk akalpun mereka tidak ingin bersepakat dengan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan