Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Lainnya - Long life hallucinations

Pacitan Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Trik Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

9 September 2021   05:29 Diperbarui: 9 September 2021   05:45 282 17 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Trik Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu
Sumber gambar: www.ngelmu.co

Belajar bahasa inggris tidak harus melalui buku dengan berpaku pada setumpuk materi. Banyak cara untuk belajar bahasa inggris. Misalkan dengan mendengarkan native speaker melalui youtube, chatting dengan orang luar, atau melalui lagu.

Khusus melalui lagu, disini ada beberapa trik yang dapat dilakukan, diantaranya :

1. Ketika mendapatkan lagu baru, dengarkan kemudian catat semua vocabulary yang bisa ditangkap

Jika mendapatkan lagu baru, jangan buru-buru searching liriknya di google. Dengarkan dulu dengan cermat dan tulis setiap kata yang tertangkap oleh pendengaran.

Dalam lagu, biasanya kata-kata lebih sulit ditangkap dari pembicaraan biasa. Karena pengucapan kata-kata dalam lagu sendiri menggunakan articulation effect, yang mana terkadang membuat A terdengar seperti B.

Namun dengan berbekal suka terhadap lagunya, maka bisa jadi menangkap vocabulary dalam lagu akan lebih mudah. Hal ini karena kita tidak akan bosan untuk mengulang-ulangnya. Maka dalam trik ini kemampuan yang akan terasah adalah listening.

2. Mengisi bagian rumpang dari lagu

Trik yang kedua ini tidak bisa dilakukan sendiri. Kita membutuhkan seseorang untuk membantu mengedit lirik agar sebagian vocabularynya kosong, diganti dengan titik-titik. Kalau kita yang melakukannya sendiri, tentu saja kita sudah tau isi titik-titik yang dikosongkan.

Namun sebenarnya lirik lagu rumpang ini juga banyak tersedia di google. Cari dengan kata kunci 'Lirik lagu bahasa inggris rumpang' dikolom searching google. Maka akan muncul banyak pilihan.

Hanya saja disini tidak bisa memilih lagu yang sedang kita sukai. Karena lirik lagu rumpang ini tidak tersedia selengkap lirik lagu utuh. Namun jangan khawatir karena porsinya juga tersedia cukup banyak di google.

Kemampuan yang akan terasah sama dengan trik pertama, yaitu listening. Untuk melengkapi lagu yang rumpang, juga diperlukan mendengarkan secara jeli lagu  yang sedang diputar.

3. Menerjemahkan kata yang tidak diketahui maknanya

Untuk mengetahui makna lagu, biasanya seseorang akan mencari arti lirik lagu  secara keseluruhan. Meskipun cara ini cukup membantu, namun cara yang lebih efektif adalah mencari perkata. Dengan begini secara otomatis yang dicari hanya beberapa kata yang tidak dimengerti maknanya.

Dengan mencarinya perkata, ingatan akan mengikat lebih kuat. Hal ini juga sekaligus melatih untuk merangkai makna kata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan