Humaniora

Penggalangan Dana Gerakan Peduli Pacitan (GPP), Usaha Tingkatkan Kesehatan Anak Bangsa

7 Desember 2017   15:06 Diperbarui: 7 Desember 2017   15:31 749 0 0
Penggalangan Dana Gerakan Peduli Pacitan (GPP), Usaha Tingkatkan Kesehatan Anak Bangsa
Hasil penggalangan dana berupa baju layak pakai dan barang kebutuhan lainnya (dokumen penulis)

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menggalang sejumlah dana sukarela berupa uang, pakaian layak, sembako, selimut dan lainnya, untuk disumbangkan kepada korban bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan. Penggalangan dana Gerakan Peduli Pacitan (GPP) diadakan sejak Kamis (30/11/2017) sampai Jumat (08/12/2017). Dana khususnya dikumpulkan dari mahasiswa dan alumni GEN Corps fakultas keperawatan Universitas Airlangga. Untuk mekanismenya, penggalangan dana diwakilkan komting per angkatan dan dikumpulkan ke GEN Corps.

 GEN Corps (Green Nursing Corps) merupakan organisasi Mahasiswa dibawah naungan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan bergerak dibidang pengkaji lingkungan dan medis. Selain menyumbang secara langsung, penggalangan dana juga dilakukan via transfer. Saat ini, dana uang yang terkumpul kurang lebih sebesar 6,6 juta. Selain uang, sumbangan dalam bentuk baju layak pakai, selimut, dan sembako juga sudah terkumpul.

Sumbangan tidak hanya dalam bentuk fisik, namun juga dalam bentuk sosialisasi yang akan diadakan hari Sabtu (09/12/2017). Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan PHBS (Pedoman Hidup Bersih dan Sehat) dan memberikan hygiene set berupa sabun cair, pasta gigi, dan odol kepada anak SD (Sekolah Dasar) untuk mencegah meluasnya penyakit yang diakibatkan oleh banjir. Ada 12 orang yang akan berangkat melakukan sosialisasi PHBS di tiga SD dan daerah sekitar kota Pacitan, Jawa Timur. "Kami memilih target anak SD karena biasanya anak-anak kurang mengerti kebersihan diri sendiri dan lingkungannya. Masalah kebersihan dan kesehatan sudah banyak yang menangani, namun pada aspek hygiene, menurut koordinator MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Surabaya, masih belum ada yang menangani. Jadi, GEN Corps ingin memberikan sosialisasi tentang PHBS kepada anak SD agar bisa mencegah berbagai penyakit yang ditimbulkan pasca bencana banjir." ujar Syarif Hidayatullah, selaku ketua Gen Corps, sekaligus ketua koordinator Gerakan Peduli Pacitan saat diwawancarai hari Selasa (05/12/2017).

Syarif Hidayatullah, Ketua Koordinator GPP saat memperlihatkan hasil penggalangan dana. (Dokumen Penulis)
Syarif Hidayatullah, Ketua Koordinator GPP saat memperlihatkan hasil penggalangan dana. (Dokumen Penulis)

Gerakan Peduli Pacitan ini diadakan dengan kerjasama dari Mahagana (Mahasiswa Tanggap Bencana) Unair, SAR Surabaya, Alumni, Senior dan beberapa ormawa fakultas keperawatan Universitas Airlangga. Data-data yang diperlukan rata-rata telah didapatkan dari senior perwakilan yang ada di Pacitan. "Yang menjadi kendala saat ini yaitu kami masih kesulitan dalam hal akomodasi, tempat membeli barang, dan waktu. Mengingat saat ini masih ditengah-tengah UAS (Ujian Akhir Semester) yang pastinya sulit membagi waktu untuk belajar dan menangani kegiatan ini. Tetapi kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melaksanannya." Jawab Syarif Hidayatullah ketika ditanya tentang kendala dan hambatan yang dihadapi.