Mohon tunggu...
Devi Novianti Fernanda
Devi Novianti Fernanda Mohon Tunggu... Operator - Writer • Motivator • Content Creator • Muslimah Preneur

Seorang muslimah yang sedang jatuh cinta dengan dunia kepenulisan. Menjadikan tulisan sebagai caranya untuk menebar manfaat, menasihati diri, dan berdakwah. Buku pertamanya yang berjudul "Sayap Hijrah" akan segera terbit. Instagram: @denov_fer. Facebook: Devi Novianti Fernanda

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mengatasi Rasa Ketidaknyamanan dalam Bekerja

22 September 2021   06:26 Diperbarui: 22 September 2021   06:34 80 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengatasi Rasa Ketidaknyamanan dalam Bekerja
Sumber: freefik.com

Pandemi ini, mencari kerja begitu sulit. Malah yang sudah memiliki pekerjaan pun banyak yang di-PHK. Sedangkan keadaan ekonomi negara ini tidak stabil. Banyak orang yang kesulitan walau sekadar untuk makan.

Dari masalah pekerjaan ini juga, banyak masalah-masalah lain yang bermunculan. Tingkat perceraian meningkat, kriminalitas pun begitu, dan kelaparan di mana-mana. Semua ini begitu memprihatinkan. Mungkin kita salah satu orang yang terkena dampaknya.

Jika hingga detik ini, Allah masih perkenankan kita untuk bekerja, hal apa lagi yang bisa kita lakukan selain bersyukur? Jangan sampai kita semua jadi kufur atas nikmat-Nya.

Ketika orang lain pergi di pagi hari untuk mencari pekerjaan, alhamdulillah kita hanya harus pergi ke tempat kerja. Jadi, pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Karena banyak orang yang menginginkan pekerjaan kita ini.

Bersyukurlah dengan pekerjaanmu selama itu halal dan baik. Betapa banyak orang yang bekerja ditempat yang bagi mereka nyaman, tetapi ternyata riba atau haram. Padahal hal itu bisa menjadi bumerang untuk kita.

Pasti ada saatnya kita mengeluh tentang pekerjaan kita. Entah itu karena melelahkan atau banyak menyita waktu karena harus lembur dan sebagainya. Lagi-lagi kita harus membiasakan diri untuk bersyukur dan mengurangi keluhan-keluhan kita itu.

Tidak sedikit juga yang mengeluh karena merasa tidak nyaman. Namun, sebenarnya kenyamanan itu bisa kita ciptakan. Sebab yang menjadi kunci itu, apakah kita bisa menikmati pekerjaan kita atau terus menganggapnya sebagai beban. Kecuali jika yang membuat tidak nyaman adalah aturannya yang melanggar aturan Allah. Kita wajib merasa tidak nyaman dan tidak bertahan di tempat seperti itu.

Sebab apa yang akan kita dapatkan jika melanggar aturan Allah? Hanyalah kesengsaraan yang mungkin tidak ditunjukkan di dunia, tetapi di akhirat. Bisa juga ditimpakan di keduanya. Naudzubillah.

Memang sebenarnya ada dua faktor yang bisa membuat kita nyaman. Pertama, datangnya dari luar. Bagaimana lingkungan atau orang-orang di sekitar kita. Kedua, berasal dari diri kita sendiri. Tentang bagaimana kita dalam menanggapi sesuatu.

Faktor dari luar memang tidak bisa kita kendalikan. Seringkali meski kita mampu menanggapi dengan baik, tidak berarti hilang semua gangguan-gangguan yang ada. Ke depannya mungkin akan terus terulang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan