Mohon tunggu...
DEVA SEPTANA
DEVA SEPTANA Mohon Tunggu... Penulis - CONSTRIBUTOR

HR Practitioner

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Efektivitas Rekrut Karyawan via Media Sosial

5 Mei 2023   08:32 Diperbarui: 5 Mei 2023   08:39 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Masuk akal jika semakin banyak perekrut beralih ke situs media sosial populer seperti Twitter dan TikTok untuk menemukan talenta terbaik karena hampir semua hal saat ini dilakukan secara online. Terutama dalam hal merekrut kemampuan yang lebih muda, kehadiran hiburan online yang kuat dapat membantu citra Anda menonjol di antara pencari kerja.

Namun, sama seperti alat perekrutan lainnya, perekrutan media sosial tidak akan berfungsi dengan baik kecuali Anda memiliki rencana dan pengetahuan yang solid untuk membuatnya bekerja untuk bisnis Anda. Ini adalah cara untuk memastikan upaya Anda terpusat di sekitar tahapan yang tepat untuk sistem pendaftaran hiburan virtual yang kuat.

Pilih tahap yang sesuai dengan kebutuhan Anda
Panggung hiburan berbasis web bukanlah satu ukuran untuk semua - dan itu juga berlaku saat melibatkan mereka untuk pemilihan. Meskipun Anda dapat merekrut di semua platform, upaya Anda mungkin tidak efektif jika Anda tidak memiliki strategi yang terfokus dan audiens yang ditargetkan. Alih-alih memperluas upaya jauh di semua tahapan - dan mendapatkan sedikit pengembalian - pusatkan pada tahapan yang akan menghasilkan hadiah paling banyak.

"Akhirnya, tahap hiburan berbasis web terbaik untuk pendaftaran akan bergantung pada tujuan pendaftaran khusus Anda dan kelompok minat yang ideal, jadi penting untuk mempertimbangkan tahap mana yang paling sesuai dengan persyaratan organisasi Anda dan tempat yang harus diisi berdasarkan akreditasi tertentu. ," kata Alexandra Anema, direktur hiburan virtual di Bayard Promoting.

Anema mencantumkan beberapa platform media sosial umum dan menjelaskan cara menggunakannya untuk keuntungan Anda saat merekrut:

LinkedIn mengatakan, Menurut Anema, LinkedIn adalah tempat yang bagus untuk memulai karena sering dianggap sebagai platform paling populer untuk jaringan profesional dan pencarian kerja. Ini telah menargetkan posting pekerjaan dan sistem pelacakan pelamar, di antara alat dan fitur lain untuk perekrut.

TikTok berkata: TikTok telah berkembang menjadi platform luar biasa untuk bisnis kecil yang ingin berkembang dengan cepat. TikTok berbeda karena Anda tidak perlu menjadi perusahaan besar untuk mendapatkan banyak perhatian. Perusahaan yang ingin mengisi posisi level pemula yang tidak memerlukan sertifikasi juga dapat menganggap TikTok sebagai platform yang luar biasa.

"[Platform ini] dapat berguna untuk branding pemberi kerja dan menampilkan budaya perusahaan, yang dapat menarik kandidat yang tertarik dengan nilai dan misi perusahaan Anda," menurut Facebook, Instagram, dan Twitter.

Namun, ini tidak berarti bahwa strategi Anda harus dibatasi hanya pada satu platform. Anema menyarankan agar bisnis melakukan diversifikasi lintas platform daripada meletakkan semua telur mereka dalam satu keranjang.

Saat memilih platform, penting untuk mempertimbangkan potensi kekurangannya. Platform seperti TikTok, misalnya, membutuhkan posting reguler. Anda harus sering dan sering memposting, tetapi tidak setiap perusahaan punya waktu; Ini adalah investasi untuk melakukannya dengan benar, kata Anema. Buat rencana dan patuhi itu Setelah Anda memilih platform mana yang akan difokuskan, penting untuk mengatur semua upaya Anda ke dalam rencana.

Metodologi pendaftaran hiburan online yang layak harus memasukkan komponen berikut, kata Anema:
Tujuan yang jelas: Tentukan tujuan strategi media sosial Anda, seperti menarik kandidat untuk pekerjaan atau meningkatkan kesadaran merek.
Grup minat: Kenali grup minat ideal Anda dan rancang konten Anda sesuai dengan kecenderungan dan kecenderungan mereka.
Penandaan yang dapat diprediksi: Pastikan bahwa visual, nada, dan pesan merek Anda semuanya konsisten di semua platform.
Materi yang menarik: Posting blog, video, dan jenis konten lain yang relevan dengan minat audiens target Anda harus dibuat.
Pemeriksaan dan pengukuran: Pantau pelaksanaan hiburan berbasis web Anda dan lacak pengukuran utama, misalnya, tingkat komitmen dan jangkauan, untuk mengubah metodologi Anda berdasarkan kasus per kasus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun