Mohon tunggu...
Devano Oka
Devano Oka Mohon Tunggu... Lainnya - Sebenarnya

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

E-Commerce terhadap Perubahan Pola Transaksi Jual Beli Masyarakat

20 Oktober 2021   02:59 Diperbarui: 20 Oktober 2021   03:03 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

di era digital saat ini mengalami banyak perubahan dari beberapa aspek kehidupan manusia. Kebiasaan manusia pun mengalami perubahan menjadi serba digital yang memudahkan setiap individu dalam melakukan suatu hal yang dapat berupa kegiatian. Kegiatan tersebut termasuk juga kegiatan transaksi jual beli yang dapat dilakukan oleh siapapun melalui lapak digital. Hampir  semua orang dapat merasakan dampak tersebut baik dampak positif maupun negatif. 

Dampak positifnya adalah kita lebih mudah dalam menjajakan produk kita ataupun kita dapat mudah untuk mendapatkan produk yang kita inginkan hanya melalui media digital, tentu hal itu sangat membantu bagi kita yang tidak punya banyak waktu untuk meluangkan waktu untuk berbelanja di pasar tradisional mau pun supermarket. Namun dampak negatif nya banyak pedagang maupun toko yang mengalami penurunan omset karena kalah saingan harga dengan e commerce yang memberikan fasilitas promo serta gratis ongkir.

Banyak e commerce di indonesia yang melakukan promosi besar-besaran sehingga menarik daya minat masyarakat akan suatu produk tersebut. Namun tidak dipungkiri bahwa kebutuhan pokok individu seperti halnya sembako masih melakukan transaksi secara konvensional yang berada di sekitar kita. Hal tersebut didasari oleh tenggang waktu yang tidak efektif apabila kita membelanjakan kebutuhan tersebut melalui media digital yang memerlukan proses pengiriman 1-2 hari.

Namun jika hanya transaksi kebutuhan sekunder banyak orang yang sudah beralih ke perbelanjaan digital, tentu hal tersebut merupakan suatu perubahan yang cukup besar bagi aktivitas transaksi jual beli masyarakat saat ini.

Kemajuan teknologi saat ini memang patut kita syukuri karena telah membawa masyarakat menuju kehidupan yang lebih modern.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan