Mohon tunggu...
Detria Nur Aini Sutrisno
Detria Nur Aini Sutrisno Mohon Tunggu... Yuhuuu

Let it flow

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Supporting Pemahaman Masyarakat Melalui PHBS di Kelurahan Donan, Cilacap Tengah

6 Juli 2020   14:01 Diperbarui: 6 Juli 2020   13:56 10 0 0 Mohon Tunggu...

(Cilacap, 16 Juni 2020) Salah satu upaya pencegahan penyebaran corona virus disease-2019 (Covid-19) di lingkungan RT 01 RW 22 Donan adalah dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat dari masing-masing keluarga. Akan tetapi kesadaran masyarakat akan pentingnya hal tersebut masih sangatlah kurang karena masyarakat desa biasa dengan hal-hal yang kurang higenis.

Bekerja sama dengan relawan lingkungan RW 22 Donan, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang bernama Detria Nur Aini Sutrisno (K7117050) dengan dosen pembimbing lapangan Bapak Yayan Suherlan Sn., M.Sn. melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN UNS Era Covid-19 yang berlokasi di RT 01 RW 22 Kelurahan Donan Cilacap, yang dilaksanakan pada tanggal 1 Mei-14 Juni 2020 dengan mengambil tema "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19".

Kegiatan berupa sosialisasi secara online melalui kelompok-kelompok warga, karang taruna, PKK, dan Arisan RT. Materi yang diberikan yakni seputar Covid-19 dari mulai cara penyebaran hingga cara pencegahan seperti pentingnya menggunakan masker, pentingnya cuci tangan, dan pentingnya di rumah saja. 

Selain itu penyebaran video edukasi seputar Covid-19 melalui youtube dan whatsapp menjadi sasaran yang dapat dilihat banyak orang. Melalui media cetak berupa poster yang dipasang di sekitar rumah warga yang mudah dijangkau dan banyak dilewati banyak orang. Pencetakan dan penyebaran banner dipasang di depan pos penjagaan portal dan pos ronda. 

Penyemprotan disinfektan secara rutin dilakukan setiap hari kepada warga yang akan keluar masuk di lingkungan RW 22 melalui penjagaan portal di depan Gang Kalijaya yang merupakan akses keluar masuk warga dari manapun. Pemberian galon dan sabun cuci tangan sebagai salah satu upaya penerapan hidup bersih dan sehat untuk warga RT 01 RW 22 di titik-titik yang mudah dijangkau dan banyak terdapat warga. Pembagian galon dan sabun cuci tangan juga diberikan ke tempat umum seperti masjid yang ada di RT 01 dan pos kamling RT 01.

Lingkungan RT 01 RW 22 yang masuk dalam Kelurahan Donan merupakan zona hijau. Wilayah Kelurahan Donan semua berzona hijau, sehingga masih dapat diatasi dengan mudah dalam upaya pencegahan Covid-19. Beberapa warga sudah bisa menuruti aturan seluruhnya sehingga semuanya bisa merasa aman. Akan tetapi ada satu hal yang mengkhawatirkan masyarakat, yaitu dengan adanya pendatang baru atau biasa disebut pemudik, namun di lingkungan RT 01 RW 22 tidak banyak pemudik sehingga masih bisa diatasi.

Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 ini telah berhasil dan mendapatkan banyak apresiasi oleh masyarakat terkait edukasi kepada warga sehingga warga bisa melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. "Adanya mahasiswa yang melakukan KKN di sini sangat membantu warga-warga melalui edukasi dan pembagian galon dan sabun cuci tangan agar warga semakin taat dan patuh dalam menjalankan PHBS." Ujar Ketua RT 01 RW 22 Donan. (Senin, 15 Juni 2020).

VIDEO PILIHAN