Mohon tunggu...
Detha Arya Tifada
Detha Arya Tifada Mohon Tunggu... Editor - Content Writer

Journalist | Email: dethazyo@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

PopUpPlayground, Kala Elegannya Sienta dan Fesyen Tanah Air Bersatu

8 Desember 2016   01:52 Diperbarui: 8 Desember 2016   10:42 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selaku mantan mahasiswa yang lama bergelut di Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM), pandangan pribadi tentang fashion atau yang di Indonesia-kan sebagai fesyen, tentu tak hanya sebatas kata ‘fesyen’ yang selalu disinonimkan dengan istilah dandangan, gaya dan busana. Terlebih istilah fesyen ialah sebuah bentuk dari komunikasi, Meski belakangan ini fesyen sering diidentikkan dengan kaum hawa sekalipun.

Guna mendukung anggapan saya, sebuah buku yang direka oleh Malcolm Bernard dengan judul ‘Fashion as Communication’ (1995) telah lebih dulu menjelaskan bahwa ‘fashion merupakan fenomena cultural, dalam artian fashion merupakan cara yang digunakan suatu kelompok atau individu untuk mengkonstruksikan dan mengkomunikasikan identitasnya dan orang cenderung membuat penilaian berdasarkan atas apa yang dipakai orang lain.’

Intinya baik pria maupun wanita, sama-sama ingin unjuk gigi prihal tampilan fisik melalui pakaian ataupun aksesoris yang digunakan. Tak terkecuali diri pribadi, untuk itu saya akhirnya tertarik mengikuti acara yang diadakan oleh Toyota Sienta bekerjasama dengan Kompasiana bertajuk “Kompasiana Coverage Sienta Pop Up Playground - Unlock Your Weekend Fashion Bazaar”. Di The Plaza Flavor Bliss Alam Sutera, Jl. Alam Sutera Boulevard, Alam Sutera, Serpong, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten. (3/12)

menjelaskan keunggulan sienta/ dethazyo
menjelaskan keunggulan sienta/ dethazyo
Alasannya sederhana, setelah kemarin mengikuti rangkaian acara Toyota Sienta di Bekasi dengan mengangkat tema gaya hidup sehat aktif dengan fun bike, saya pun menjadi tertarik ketika rangkaian acara menyasar industri kreatif fesyen tanah air, dalam mempromosikan mobil MPV teranyar dari Toyota, All New Sienta.

Kita ketahui bersama, saat ini pengaruh sosial media dalam memberi ruang bagi fesyen tanah air begitu terbuka lebar. Terbukti dengan banyaknya bermunculan para desaigner muda dan pelaku industri fesyen. Tapi tak semuanya berhasil, serbuan brand-brand kenamaan dari luar negeri masih berbicara banyak, apalagi terkait mutu dan kualitas.

Namun hal tersebut tak perlu ditakuti, karena rangkaian event kali ini telah memberikan ruang bagi insdustri fesyen tanah air untuk dapat dikenal oleh khalayak luas. Bisa dilihat dari booth-booth yang berada disekitar lokasi acara. Produk-produk yang dijajahkan mampu menarik minat pengunjung yang datang, ada yang hanya melihat-lihat, adapula yang tertarik kemudian membelinya guna dibawa pulang.

area bazzar/ dethazyo
area bazzar/ dethazyo
Tepat sebelum fashion show dari Lustig Desainer & Namirah The Label digelar, saya yang tiba siang hari langsung keliling area bazzar. Kali aja dapat sesuatu yang menarik hati untuk dibeli. Desain produk yang kreatif menyesuaikan gaya hidup kekinian, banyak ditemukan di tiap booth. Belum lagi pihak panitia yang berbaik hati memberikan kupon diskon, dengan catatan harus berfoto bersama Sienta kemudian di upload ke Jejaring Sosial, Instagram. Tentunya, inilah cara termudah untuk mendapatkan potongan harga, bukan?

Jeng..jeng..jeng.jeng...

Tepat pada pukul 4 sore hari, fashion show dimulai, saya pun langsung bergegas menuju arah panggung utama. Satu demi satu model muncul menikmati cat-walk, mulai dari atas panggung, kemudian dengan lihai menempatkan diri disudut terbaik, sembari mengelilingi sebuah mobil Sienta berwarna putih yang berada tepat didepan panggung. Hal tersebut tentu takkan dibiarkan begitu saja, kamera yang sedari tadi digenggam pun langsung membidik model guna mengabadikannya dalam sebuah gambar. Hasilnya perpaduan aura sensual model dan elegannya Sienta berada dalam satu frame utuh. 

fashion show 1/ dethazyo
fashion show 1/ dethazyo
fashion show 2/ dethazyo
fashion show 2/ dethazyo
fashion show 3/ dethazyo
fashion show 3/ dethazyo
fashion show 4/ dethazyo
fashion show 4/ dethazyo
fashion show 5/ dethazyo
fashion show 5/ dethazyo
Saya pun salut dan mengakui jikalau designer indonesia ternyata memiliki bakat yang ‘out of the box’ dalam berkarya. Rata-rata semuanya pakaian yang digunakan oleh model, ber-desain cukup menarik apalagi ditambah dengan aksesoris lainnya, seperti sepatu ataupun hiasan rambut sebagai penunjang penampilan.

sang penghibur/ dethazyo
sang penghibur/ dethazyo
Sekalipun saya tak terlalu paham akan sebuah desain produk fesyen, tetapi dalam hal menilai, saya jelas tahu mana yang keren dan mana yang yang biasa-biasa saja. Apalagi prihal menilai sebuah mobil, saya jelas paham mana mobil yang sesuai dengan kebutuhan saya. Dan saat ini, Sienta-lah yang memuncaki daftar mobil yang ingin saya miliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun