Mohon tunggu...
Deta Hayuningtyas
Deta Hayuningtyas Mohon Tunggu... S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kunyit Asam, Jamu Penambah Stamina Tubuh

27 Februari 2021   20:29 Diperbarui: 27 Februari 2021   20:36 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunyit Asam, Jamu Penambah Stamina Tubuh
dok. pribadi

Pemalang (Rabu, 17/02/2021) - Kunyit asam adalah minuman tradisional atau jamu yang berasal dari dua jenis rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam Jawa. Di Indonesia, kedua rempah ini tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan, namun juga diolah menjadi minuman yang dikenal berkhasiat bagi kesehatan.

Melihat banyaknya manfaat kunyit dan asam Jawa, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi kunyit asam yang sudah diracik sebagai minuman tradisional ini. Karena rasanya yang segar, minuman ini cukup populer dan digemari banyak orang. Kendati menyehatkan, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Secara alamiah, kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan antiradang. Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang. Campuran kedua bahan alami ini telah terbukti aman dan tidak menyebabkan keracunaan bila dikonsumsi bersamaan.

Bahan-bahan:

50 gram kunyit, kupas dan cuci bersih
500 ml air
25 gram gula merah
7 gram asam jawa
1/4 sdt garam

Proses Pembuatan
1. Potong-potong kunyit terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam blender. Tuang air secukupnya, lalu proses hingga benar-benar halus. Setelah halus, saring ke dalam panci.
2. Tuang sisa air ke atas kunyit yang disaring. Selanjutnya, campur dengan gula merah, garam, dan asam jawa. Aduk-aduk hingga gula larut dan tercampur rata.
3. Berikutnya, masak sambil diaduk-aduk dengan api sedang. Masak hingga airnya mendidih. Setelah mendidih, angkat dan saring kembali ke dalam wadah. Setelah disaring, jamu kunir asam siap disajikan.

Itulah resep dan cara membuat jamu kunir asam yang segar. Jamu kunir asam bisa disajikan hangat atau ditambah es batu. Selamat mencoba.

VIDEO PILIHAN