Mohon tunggu...
Desy Safitri
Desy Safitri Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswi IAIN Jember

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam A1

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Macam Metode-metode Filsafat

19 Maret 2020   11:24 Diperbarui: 19 Maret 2020   11:31 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum wr.wb

Baik, bertemu lagi dengan saya Desy safitri 

Nah, saya disini akan menjelaskan tentang berbagai macam metode filsafat.

Metode filsafat disini dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Metode positifistik (positifisme)

Metode ini menjelaskan bahwa suatu aliran filsafat berpacu pada data empiris, nah selain itu metode positifisme ini meyakini bahwa pengetahuan yang paling benar itu dari pengalaman. 

Contohnya : saya mengerjakan soal bahasa arab. Awalnya saya tidak bisa menjawab karena saya tidak belajar dan saya diberi remidi untuk mengerjakan soal tersebut .nah dari pengalaman saya mengerjakan soal b.arab saya mengetahui dan mempelajari akhirnya saya lulus dari remidi. Mungkin seperti itu ☺️☺️☺️☺️

Ada 4 konsep dalam positifisme yaitu metode yang berdasarkan fakta, metode yang berdasarkan kebaikan yang terus-menerus, metode kecermatan, dan yang terakhir metode kepastian. Nah metode ini harus bersifat empiris, realistik, dan aktual.

2. Metode fenomenalogis

Fenomenalogis sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu phenomenan yang memiliki arti tampak, phainet yaitu memperlihatkan, sedangkan logos berarti kata, ucapan, dah pertimbangan.

Nah dapat disimpulkan bahwa pengertian fenomenalogis adalah metode yang membenarkan langkah-langkah yang dapat diambil sampai pada fase fenomena yang penting. Selain itu fenomena ini mengungkapkan bahwa diri kita harus bertolak dengan subjek manusia dan harua berupaya kepada kesadaran umum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun