Mohon tunggu...
Desy Ramadhani Harahap
Desy Ramadhani Harahap Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mental Oke, COVID-19 KO

9 Agustus 2020   10:29 Diperbarui: 9 Agustus 2020   10:20 111 8 7 Mohon Tunggu...

Pada tahun 2019 akhir, dunia digemparkan dengan munculnya jenis penyakit baru yang bernama Corona Virus Disease-19 atau yang biasa  dikenal dengan Covid-19, dimana virus ini menyebar pertama kali di Wuhan, Tingkok. Tidak bisa dipungkiri, bahwa pandemi Covid-19 sangat membuat resah masyarakat dunia. Jutaan orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus ini, ratusan ribu orang meninggal, dan ratusan ribu lainnya mengalami penyakit serius dan efek kesehatan jangka panjang.

Melaksanakan pola hidup sehat dan bersih sangatlah penting dalam menjalani hari-hari di masa pandemi seperti sekarang ini. Menggunakan masker saat berpergian, menjaga kebersihan tangan, mengkonsumsi gizi seimbang, dan menjaga jarak dengan orang lain harus kita terapkan mulai saat ini.

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga berdampak pada kesehatan mental. Mulai dari rasa takut, efek psikolgis yang ditimbulkan bisa menjadi sangat serius. Anjuran untuk tetap di rumah atau stay at home serta kebijakan social distancing atau physical distancing, menimbulkan jarak secara emosional antara keluarga, teman, atau antar umat beragama di tempat ibadah yang dapat saling memberikan dukungan.

Ketakutan akan tertularnya virus, kesedihan atau kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang disayang, rasa terasing karena menjalani karantina, kecemasan akan kekurangan kebutuhan sehari-hari ditambah lagi adanya infrmasi yang simpang siur menambah kecemasan bahkan gangguan mental lainnya.

Lalu, bagaimanacara kita agar tetap bahagia saat pandemi Covid-19 melanda?

Beikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam menjaga kesehatan mental kita disaat pandemi Covid-19 melanda.

1. Lakukanlah aktivitas fisik

Pilihlah aktivitas fisik yang ringan yang anda sukai seperti olahraga ringan yang mampu menenangkan pikiran dan membangun mood menjadi lebih baik. Aktivitas ringan yang dapat kita lakukan di saat pandemi seperti ini contohnya bermain sepeda, latihan yoga, sit up, push up dan latihan lain sejenisnya. Olahraga penting kita lakukan disaat seperti ini karena olahraga membantu tubuh dalam menghasilkan hormon endorfin untuk meredakan stres.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Dalam menjalani hari-hari di masa pandemi seperti ini, mengonsumsi makanan bergizi seimbang sangatlah penting dan pastikan anda tetap menjaga pola makan secara teratur.

3. Luangkan waktu untuk memanjakan diri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x