Mohon tunggu...
Desy Pangapuli
Desy Pangapuli Mohon Tunggu... Penulis - Be grateful and cheerful

Penulis lepas yang suka berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Keren! Dua Startup Digital Indonesia Masuk G20 Innovation League 2021

14 Oktober 2021   02:44 Diperbarui: 14 Oktober 2021   02:49 209 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.merdeka.com/

Mantap!  Tidak bisa disangkal fakta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berperan memulihkan ekonomi.  Terbukti, di Asia Tenggara Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pemulihan bisnis yang relatif lebih cepat, dan disini migrasi digital menjadi kuncinya.  

Sehingga sangatlah beralasan ketika Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate berharap, Indonesia memiliki tambahan decacorn, perusahaan rintisan yang memiliki valuasi di atas USD10 Miliar.

Meruntun ke belakang, nyatanya kita melihat di titik kritis dampak pandemi, dengan teknologi sektor pendidikan, kesehatan bahkan wisata sekalipun dimungkinkan berjalan.  

Sehingga akhirnya kehidupan kembali berjalan, dan ekonomi berputar serta Indonesia dipulihkan.  Kita pun belajar, kehadiran teknologi menjadikan aktifivitas tidak lagi sebatas fisik.  Tetapi kini dapat dilakukan secara digital.

Diketahui Indonesia sudah memiliki tujuh unicorn antara lain Tokopedia, Traveloka, OVO, Bukalapak, J&T Express, OnlinePajak, Xendit, dan Ajaib.  

Kemudian menurut data, jumlah pengguna internet di Indonesia per Januari 2021 nyatanya telah mencapai 202,6 juta atau mengalami pertumbuhan sebesar 37 persen selama pandemi.

Tidak berlebih jika kita sepakat bahwa kemajuan zaman berjalan parallel dengan cara berpikir manusia yang ingin lebih praktis dan mementingkan efisiensi waktu.  

Inilah juga yang mendorong lahirnya pemikiran atau inovasi "out of the box" ditengah pandemi, dan persaingan global.  Kita lihat saja pola belanja masyarakat yang kini cenderung online.  Selain pertimbangan praktis, harganya pun cenderung lebih murah.

Seiring waktu tentunya tren inovasi dan lahirnya startup terus meningkat.  Sehingga bolehlah kita berbangga ketika dua startup digital asal Indonesia mendapat penghargaan sebagai startup dengan inovasi unggulan dalam Forum G20 Innovation League 2021 yang berlangsung pada 9 sampai 10 Oktober 2021 di Sorrento, Italia.  Keduanya terpilih menjadi Top 10 Startup unggulan dalam forum ini 

Di ajang ini terdapat lebih dari seratus startup dan seratus Venture Capitals dari G20 dan negara-negara tamu.  Setiap negara yang berpartisipasi dalam G20 Innovation League 2021 menunjuk startup yang fokus menyediakan solusi per kategori tantangan global yang sudah ditentukan sebelumnya.  Adapun Nalagenetics meraih juara 1 pada kategori healthcare dan Ruangguru meraih juara 2 pada kategori AI (Artificial Intelligence).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan