Mohon tunggu...
Desy Pangapuli
Desy Pangapuli Mohon Tunggu... Penulis - Be grateful and cheerful

Penulis lepas yang suka berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Gebrakan Revolusioner Menkominfo Johnny Plate Luncurkan 5G untuk Indonesia

29 Mei 2021   20:49 Diperbarui: 29 Mei 2021   21:22 116 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gebrakan Revolusioner Menkominfo Johnny Plate Luncurkan 5G untuk Indonesia
https://inet.detik.com/telecommunication/d-5208772/negara-negara-ini-sudah-diselimuti-5g-indonesia-kapan

Mungkin tidak banyak yang mengetahui, tetapi Kamis, 27 Mei 2021 jaringan internet 5G sudah lahir di Indonesia, dan Telkomsel adalah operator pertama yang merilis jaringan ini.   Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate, komersialisasi 5G Telkomsel akan menjadi hari bersejarah bagi industri telekomunikasi di Indonesia.  Harapannya, kehadiran 5G akan memenuhi kebutuhan di era teknologi dalam segala bidang.

Tidak bisa disangkal oleh kita bahwa era digital telah membawa perubahan begitu cepat, misalnya dalam kehidupan sosialisasi, tekhnologi keuangan, transaksi jual beli dan peluang bisnis lainnya.  Semua ini bisa dilihat dari bermunculannya portal berita, media sosial, e-commerce dan bahkan fintech yang semakin luas digunakan oleh masyarakat.  Di Asia sendiri, selain Indonesia ada China, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan yang sudah mengimplementasikan 5G.

Jika kita bercermin pada pandemi, masyarakat Indonesia "dipaksa" mengejar ketertinggalan teknologi.  Banyak dari masyarakat kita dengan tergopoh-gopoh menjadi melek teknologi.  Terbukti kini telah terjadi migrasi besar-besaran rakyat Indonesia dari ruang fisik ke ruang digital.  Ini artinya, jaringan internet tanah air butuh kecepatan yang lebih tinggi dari sebelumnya.  

Tantangan ini dijawab dengan sigap oleh Menkominfo Johnny Plate, dengan lahirnya 5G dengan 1 -- 10 Gbps yang akan memberikan kecepatan dan kemulusan penyampaian data lebih baik dari generasi sebelumnya 4G yang memiliki kecepatan 100 Mbps -- 1 Gbps

Bagi masyarakat awam mungkin tidak banyak yang paham perbedaan 5G ataupun generasi sebelumnya.  Sebagai gambaran dan pencerahan, bahwa "G" disini berarti generasi, dan Indonesia saat ini menggunakan 4G.  Ini artinya, 5G adalah generasi terbaru yang pastinya memiliki keunggulan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Meski saat ini gebrakan revolusioner Johnny Plate, 5G bersama Telkomsel baru bisa dinikmati segelintir di wilayah residensial di Jabodetabek, yakni Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, Pondok Indah dan Widya Chandra, di Jakarta Selatan, Serta Bumi Serpong Damai dan dan Alam Sutera di Tanggerang Selatan.  Tetapi akan segera menyusul Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Kabar gembiranya lagi, untuk bisa menggunakan jaringan 5G, pengguna Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM sebagaimana migrasi jaringan 3G ke 4G sebelumnya.   Selain itu Menkominfo Johnny Plate pun mengajak operator seluler lainnya turut menggelar layanan 5G di Indonesia.

"Kami mendorong penyelenggara telekomunikasi lainnya untuk dapat turut serta dalam percepatan implementasi 5G di Indonesia, dan bersama-sama menyongsong Indonesia terkoneksi, semakin digital, semakin maju," ujar Johnny di Jakarta.  Dikutip dari: detik.com

Inilah keunggulan dari jaringan 5G dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu:

  • Kecepatan yang lebih baik.
    Jaringan 5G memiliki kecepatan lebih baik dari generasi sebelumnya, yaitu 100GHz, atau kecepatan 10 GB per detik.

  • Tidak ada delay.
    Memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kabarnya jaringan 5G mampu mentransfer data kurang dari 4 milidetik.

  • Koneksi jaringan yang lebih luas.
    Memberikan kesempatan koneksi jaringan yang lebih luas, dengan dukungan perangkat yang mumpuni untuk mensupport jaringan ini.

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN