Mohon tunggu...
Desy Pangapuli
Desy Pangapuli Mohon Tunggu... Be grateful and cheerful

Penulis lepas yang suka berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Fishbone Cactus, Tanaman Hias 2021 Siap Mencuri Hati

14 Januari 2021   01:05 Diperbarui: 14 Januari 2021   01:11 360 17 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fishbone Cactus, Tanaman Hias 2021 Siap Mencuri Hati
tangkapan layar dari e-commerce


Melihat demam tanaman hias di penghujung 2020 lalu, jadi penasaran tanaman hias 2021 nanti apa yah?  Bukan apa-apa, ngeri kalau melihat para emak kalap membeli, boyong bawa pulang tanaman hias!  Nggak hanya 1, tapi bisa 3 loh sekali borong!  Disayang-sayang, persis merawat bayi.  Heheh...Sebenarnya bagus, karena bisa mengurangi stress, daripada cemberut terus di rumah.  Sudah kebayang deh, koleksi tanaman hias 2021 pasti nggak bakalan ketinggalan diburu mereka kaum emak.

Aku sih tidak punya, tetapi melihat status teman-teman pamer "bayi"nya di WA rasanya ikutan senang.  Kagum dengan warna-warna tanaman jenis keladi yang ternyata unik.  Nggak hanya itu, rupanya varian keladi banyak dan cantik-cantik loh!

Pernah melihat teman memamerkan tanamannya yang berdaun putih semua, dan ternyata bernama Caladium White Queen, dengan dasar daun putih, tetapi tulang daunnya merah mencolok!  Duuhhh....kinclong banget cantiknya!  Kemudian ada lagi Caladium Baret dengan keunikan selembar daunnya terbagi dua warna, separuh merah dan hijau.  Ckcckckc..cantik!

Belum selesai dengan kelompok tanaman keluarga keladi, kok tertarik dengan nama Fishbone Cactus.  Seperti namanya, bentuknya pun seperti tulang ikan.  Lucunya lagi, Fishbone Cactus ini tidak lain adalah tanaman Wijaya Kusuma yang sudah nggak asing lagi untuk kita.  Heheh...

Tetapi ada yang unik nih.  Konon, Wijaya Kusuma adalah tanaman raja Kerajaan Majapahit!  Itu sebabnya Fishbone Cactus atau Wijaya Kusuma ada mitosnya, bahwa siapa saja yang memiliki tanaman ini akan terus beruntung.  Ehhmmm...kok bisa?  Bisalah, karena dulu setiap calon raja yang baru haruslah memetik bunga Wijaya Kusuma yang mekar sebelum naik takhta.  Mereka percaya nantinya kerajaaanya akan mendapatkan kejayaan.

Sekilas mengenai fishbone cactus berasal dari Meksiko, dengan nama latin Cryptocereus anthonyanus (syn. Selenicereus anthonyanus), dan merupakan anggota keluarga kaktus mekar malam.  Bentuk batangnya panjang dan melengkung yang dilapisi dengan simpul daun bergerigi.  

Perawatannya juga tidak sulit, karena termasuk jenis tanaman kaktus yang tidak terlalu membutuhkan air, tetapi cukup dengan sinar matahari dan kelembaban secukupnya saja.  Tanaman ini memiliki bunga yang jarang mekarnya.  Bunganya berwarna pink lembut, panjang 10-12 cm dengan diameter 15-17 cm.  Terbuka di malam hari dan hanya bertahan satu hari.  Kita di Indonesia mengenalnya dengan nama bunga Wijaya Kusuma. 

Uniknya bunga Wijaya Kusuma selain harum, mekarnya juga hanya untuk waktu yang singkat.  Kuncupnya akan mulai terbuka ketika memasuki sore hari.  Kemudian mulai mekar pada waktu malam hari, sekitar pukul 11 malam dan akan kembali layu setelah memasuki pukul 2 dini hari.

Nggak hanya cantik, dah harum.  Bunga Wijaya Kusuma juga punya khasiat obat, misalnya untuk radang tenggorokan, bisul, obat nyeri sendi, ashma, lambung dan bahkan bisul.  Ambil salah satu contohnya, untuk obat bisul cukup dengan beberapa kuntum bunga dilumatkan dengan air sampai menjadi bubur.  Lalu letakkan diatas bisul secara rutin hingga hilang mengempis.

Bagaimana, unik, cantik dan bermanfaat khan fishbone cactus ini?  Harganya pun cukup bersahabat, di kisaran Rp 30 ribu an kok per pohon.  Terpentingnya lagi, perawatannya tidak ribet.  Jadi, cocok banget untuk pemula yang baru belajar merawat tanaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x