Mohon tunggu...
Desy Rokhimatul Fitri
Desy Rokhimatul Fitri Mohon Tunggu... Mahasisiwi

Masih mengenyam pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Anak Sulit Belajar Membaca? Apa Sih Penyebabnya?

4 Oktober 2020   23:10 Diperbarui: 4 Oktober 2020   23:21 54 1 0 Mohon Tunggu...

Adakah di antara kalian, kaum orang tua yang menyadari kesulitan anak saat belajar membaca? Atau si kecil memiliki daya ingat yang rendah? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Hampir semua orang tua pasti pernah mengalami kejadian itu, hal ini juga disebut sebagai problematika dalam pembelajaran loh. Apasih penyebabnya?  Sebelum saya jelaskan tentang penyebabnya, saya akan menjelaskan apa itu problematika pembelajaran.

Problematika pembelajaran adalah berbagai permasalahan yang mengganggu, menghambat, mempersulit, atau bahkan mengakibatkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran. 

Terkadang para orang tua merasa marah dan gagal saat anak-anak mengalami problematika dalam belajar tanpa tahu apa penyebabnya. Bukan hanya orang tua, anak pun merasa kesulitan dalam belajarnya. Saat anak masih belajar membaca, anak-anak cenderung kesulitan menghafal huruf atau suku kata. Apalagi ketika dihadapkan dengan metode belajar yang membuat anak mudah stres, pasti sangat tertekan.

Penyebab yang biasanya terjadi adalah kebosanan yang melanda anak karena durasi belajar terlalu lama atau karena metode belajar yang itu-itu saja. Yang itu-itu aja gimana? Yah, hanya belajar membaca tulisan, huruf, atau angka dari buku polos tanpa hiasan warna atau gambar

Berapa sih durasi yang moms terapkan ketika mengajari si kecil? Apakah 30 menit atau 1 jam? Sebenarnya nih, durasi tersebut terlalu lama loh moms. Kok bisa? Jika diperhatikan anak lebih suka aktivitas fisik ketimbang hanya duduk diam sambil belajar membaca, sangat membosankan bagi si kecil. Durasi 5-10 menit saja sudah cukup, jangan sampai anak tidak mau belajar lagi karena bosan dengan waktu belajar, karena disayangkan sekali apabila buah hati tidak mau belajar karena durasi belajar yang terlalu lama. 

Metode belajar ternyata juga sangat mempengaruhi anak ketika belajar loh, moms. "Saya mengajari anak saya dengan huruf berwarna, tapi mengapa masih sulit?". Belajar membaca dengan huruf berwarna saja belum cukup, moms bisa memberikan si kecil dengan mainan yang membentuk huruf atau angka yang pastinya berwarna-warni, kemudian moms dan si kecil bisa bermain tebak tebakan. 

Dengan begitu, anak tidak merasa bahwa apa yang dilakukan tersebut adalah belajar. Metode ini juga menguntungkan, karena dapat melatih kedekatan antara orang tua dan anak.

Moms dan daddy juga bisa menerapkan metode membaca sambil bernyayi. Caranya dengan menyiapkan huruf dan angka lalu bernyayi sambil menunjuk huruf atau angka yang diucapkan. Kemudian bernyanyilah bersama si kecil. Anak juga akan merasa senang dan bahagia.

Menonton video sambil membaca. Pilihlah jenis video yang sesuai dengan umurnya dan juga pilihlah video yang juga menayangkan tulisan atau bisa juga dengan video lagu yang berlirik, karena tanpa disadari anak juga akan melihat atau mencoba membaca tulisan lirik tersebut. 

Kuncinya ada satu, yaitu jangan terlalu menekan, karena anak kecil lebih suka hal yang bersifat menyenangkan dan menghibur, dan masih banyak metode lainnya yang dapat diterapkan pada si kecil, misalnya belajar dengan buku cerita bergambar, buku belajar menulis, atau buku belajar membaca nama benda disertai gambar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x