Setiap guru harus memenuhi hak belajar siswanya. Tetapi tidak cukup hanya dengan memberikan pengajaran saja, tanpa mempersiapkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Di masa pandemi, Pembelajaran jarak jauh menjadi sebuah keharusan. Siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar dari rumah.Â
Jika pembelajaran yang diberikan oleh guru tidak bermakna, maka kecendrungan siswa menjadi bosan, dan akhirnya siswa menjadi malas untuk melakukan pembelajaran. Apalagi belajar jika orang tua tidak memilki kesempatan untuk mendampinginya. Akhirnya siswa menjadi malas dan cuek dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Agar pembelajaran menjadi bermakna pada masa pandemi, guru harus melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum merancang pembelajaran. Yang perlu dilakukan pertama sekali guru melakukan penjaringan informasi terhadap karakteristik siswa, tentu dengan cara bertanya terkait dengan minat, sikap, motivasi belajar, gaya kemampuan berpikir dan kemampuan awal yang di milki oleh siswa. Sehingga pembelajaran yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kehidupan siswa di masa pandemi
Informasi untuk penjaringan karakteristik siswa dapat dengan cara mengirimkan pertanyaan melalui form yang dapat dikirimkan melalui aplikasi belajar yang di gunakan oleh guru, seperti Whatshap, classroom, dll.Â
Setelah guru melakukan penjaringan informasi karakter, dari hasil anlisis karakter barulah dirancang pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didik. Demikian tulisan singkat ini. semoga bermanfaat.