Mohon tunggu...
Desty Rahmadany
Desty Rahmadany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa_Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Fakultas Ilmu Pendidikan_Universitas Negeri Makassar

Sebaik-baik perkataan adalah yang sedikit dan jelas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Supaya Kamu Bisa Lulus Ujian dengan Santai

10 November 2022   16:57 Diperbarui: 10 November 2022   18:45 710
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Editing by desty_sumber: ig hijabgaleria


Bagi pelajar atau Mahasiswa, ujian adalah sesuatu yang menakutkan. Entah itu ujian tengah semester, nasional, masuk Perguruan Tinggi ataupun ujian skripsi. Ujian merupakan kegiatan untuk mengukur sejauh mana kemampuan pengetahuan, skills dan sikap kita terhadap pembelajaran yang telah kita lakukan selama ini.

Mendapatkan nilai ujian yang bagus adalah hal yang diinginkan bagi semua orang. Tapi, hal itu tidaklah mudah, butuh kesiapan dan persiapan. Kesiapan di sini, yaitu fisik dan mental kita sedangkan persiapan yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan kita.

Hayoo! Siapa di sini yang mau ujian, baik itu ujian di sekolah, masuk PT atau lainnya?
Nah! Kalian beruntung, karena kali ini kita akan berbagi tips mengenai lulus ujian dengan santai. Bagaimana caranya? Yuk simak di sini!

Tips Agar Bisa Lulus Ujian dengan Santai

1. Tenang
Biasanya, ketika pelajar ataupun mahasiswa diperhadapkan dengan suatu ujian, mereka akan panik dan khawatir. Apalagi info ujiannya yang dadakan. Apalagi buat si pemalas yang cuman datang ke sekolah atau kampus buat duduk dan diam ajah.

Bagi adik-adik, nggk usah khawatir ketika akan menghadapi ujian. Khawatir membuat kita cemas dan akan membuat semuanya menjadi berantakan. Jadi, ketika diperhadapkan dengan ujian, nggk usah khawatir dan tetaplah tenang. Karena ketenangan akan membawa kita pada kedamaian.

2. Persiapan
Bagai orang yang ingin berperang, dia butuh persiapan seperti senjata, latihan dan sebagainya. Nah! Seorang peserta didik juga butuh itu, P-E-R-S-I-A-P-A-N.

Maka dari itu, kita butuh persiapan yang akan membantu kita dalam menghadapi ujian nantinya. Karena tanpa persiapan belajar, mana bisa sih! dapat lulus ujian dan dapat nilai yang bagus.

Jangan sampai kita mengambil sistem penyimpangan yang terlarang. Apa itu? Menyogok dan menyontek tentunya. Karena sesuatu yang tidak terpuji itu akan dapat juga ganjarannya.

Seperti kejadian kurang lebih 2 tahun yang lalu, ada seseorang yang ikut tes SBMPTN dengan memperoleh hasil tes yang luar biasa tinggi. Namun, diduga ternyata dia menyogok salah satu operator pada saat tes dan dia saat ujian itu tidak mengerjakan sama sekali soal. Tapi, yang mengerjakan itu adalah sang operator. Yap! Tentulah itu diketahui dan akhirnya ia tidak di loloskan walaupun nilainya yang paling tinggi.

Kenapa hal itu bisa terjadi?, karena dia tidak melakukan persiapan, dia hanya mengandalkan orang dan materi. Padahal, jika ada usaha tentu akan ada hasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun