Mohon tunggu...
destyani putri
destyani putri Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi fotografer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Prinsip, Tujuan, dan Fungsi Bimbingan Konseling, Apa Saja?

21 September 2018   19:10 Diperbarui: 21 September 2018   19:39 1868
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
topduniaanimasi.blogspot.com

Pendidikan merupakan asset yang tidak ternilai harganya bagi individu/masyarakat. Peserta didik menganggap bahwa sekolah adalah tempat untuk mewujudkan cita-cita mereka. Sementara orang tua berharap bahwa sekolah dapat mendidik anak-anak mereka menjadi orang yang pintar, berahlak mulia dan terampil.

Dengan adanya program bimbingan dan konseling di sekolah inilah yang diharapkan agar peserta didik dapat mencapai perkembangan yang optimal. Program layanan bimbingan dan konseling diharapkan dapat mengarahkan peserta didik untuk bertindak secara wajar sesuai tuntutan lingkungan, sekolah, masyarakat dan kehidupan pada umumnya.

Agar program layanan bimbingan dan konseling dapat sesuai dengan tujuan pendidikan dan sesuai dengan harapan semua orang, maka program layanan bimbingan dan konseling harus sesuai dengan prinsip -- prinsip, fungsi, asas dan tujuan dari bimbingan dan konseling.

Adapun demikianlah Prinsip-prinsip Bimbingan Sekolah

Menurut Halim Purnomo (2016:4) prinsip-prinsip bimbingan konseling antara lain:

Melayani semua anak didik

Bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di sekolah harus melayani semua anak didik. Dalam pelayanan ini tidak memandang umur, jenis kelamin, agama, suku, dan status sosial maupun ekonomi dari pribadi anak didiknya.

Memperhatikan kondisi psikologis dan lingkungan social

Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah harus memperhatikan kondisi psikologis dan lingkungan social anak didik. Hal ini penting karena bimbingan dan konseling berurusan dengan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi psikologis anak didik terhadap penyesuaian dirinya dengan dengan lingkungan social.

Kemampuan anak didik untuk menyesuaikan dengan lingkungan social, baik itu penyesuaian diri ketika di rumah, di sekolah atau di lingungan tempat tinggal dalam bermasyarakat sangat terkait erat dengan keberhasilan anak didik dalam proses belajar mengajar.

Secara sistematis dan terprogram

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun