Mohon tunggu...
Destriana PutriAmalia
Destriana PutriAmalia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa yang hobby menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Memberikan Sosialisasi Terkait Bahaya Narkoba

13 Agustus 2022   08:26 Diperbarui: 13 Agustus 2022   08:37 120 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga (26/07/22) -- Mahasiswa yang tergabung dalam TIM II KKN UNDIP tahun 2021/2022 mengadakan kegiatan "Edukasi Membangun Generasi Muda Bebas Narkoba".

Narkotika dan psikotropika merupakan obat atau bahan yang bermanfaat di bidang pengobatan, pelayanan kesehatan, dan pengembangan ilmu pengetahuan, dan pada sisi lain dapat menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila dipergunakan tanpa pengendalian, pengawasan yang ketat dan seksama.  Peningkatan pengawasan dan pengendalian sebagai upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sangat diperlukan, karena kejahatan di bidang ini semakin berkembang baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Perkembangan kualitas tindak pidana narkoba tersebut sudah menjadi ancaman yang sangat serius bagi kehidupan umat manusia, khususnya generasi muda, bahkan dapat menimbulkan bahaya yang lebih besar lagi bagi kehidupan dan nilai-nilai budaya bangsa. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNDIP mengadakan kegiatan "Edukasi Membangun Generasi Muda Bebas Narkoba".

Kegiatan Penyuluhan "Edukasi Membangun Generasi Muda Bebas Narkoba" merupakan program kerja multidisiplin yang berfokus pada pemberian informasi mengenai bahaya dari narkoba dan cara mencegah agar tidak terjerumus ke dalamnya. Program ini diberikan kepada siswa-siswi kelas 6 MIM Sumampir yang berjumlah 37 anak. Kegiatan dimulai dari pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB yang dilaksanakan di dalam ruang kelas 6. Dalam kegiatan ini, kami terlebih dahulu melakukan perizinan dengan pihak sekolah dari jauh-jauh hari.

Kegiatan "Edukasi Membangun Generasi Muda Bebas Narkoba"  dibagi menjadi 4 tahap. 1). Tahap orientasi, yaitu tahap pembukaan dimana kami memperkanalkan diri dan menjelaskan maksud serta tujuan; 2). Tahap Kerja, yaitu penyampaian materi mengenai bahaya dari narkoba, penayangan video animasi mengenai bahaya narkoba bagi generasi muda. 3) Tahap Evaluasi, yaitu tahap untuk memvalidasi pemahaman peserta dengan cara me-recall materi yang telah disampaikan; 4) Tahap terminasi, yaitu tahap penutup dimana kami memberikan hadiah berupa snack untuk seluruh peserta sebagai ucapan terimakasih dari kami karena telah bersedia mengikuti kegiatan dengan baik serta berfoto bersama.

Media yang digunakan untuk memberikan edukasi yaitu berupa power point yang berisi bahaya dari narkoba dan cara menghindarinya, video animasi, dan juga poster. Kami membuat 2 poster yang masing-masing ditempel di ruang kelas serta di papan informasi yang ada di sekolah, tujuannya yaitu agar dapat dijadikan bahan bacaan tidak hanya untuk siswa-siswi kelas 6 tetapi untuk seluruh warga MIM Sumampir.

dokpri 
dokpri 

Respon dari pihak sekolah dan siswa-siswi kelas 6 MIM Sumampir sangat baik dan anak-anak sangat aktif saat kegiatan membuat program ini berjalan dengan lancar. Harapan dari kami, semoga kegiatan ini dapat bermafaat bagi para peserta. Diharapkan siswa-siswi dapat memahami bahwa narkoba sangat berbahaya dan diharapkan mereka terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Penulis : TIM II KKN UNDIP Tahun 2022 Desa Sumampir, Purbalingga

DPL : Dr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi.M.Si/ Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si

Lokasi : MIM Sumampir

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan