Deslita Sibuea
Deslita Sibuea Mahasiswa

18 tahun menjabat sebagai pemimpi. instagram: deslitasibuea check it and let's be friend!

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

Berantas Nilai Jelek di Ujian, Yuk Ikuti Cara Belajar yang Ternyata Ada dalam Dirimu Sendiri!

14 Januari 2018   17:32 Diperbarui: 14 Januari 2018   17:36 735 3 1
Berantas Nilai Jelek di Ujian, Yuk Ikuti Cara Belajar yang Ternyata Ada dalam Dirimu Sendiri!
sumber: wawasanpendidikan.com

Selamat Tahun Baru readers! Apa kabar? Baik dong, pastinya. Nah, udah tahun baru gini, masa sih nggak ada resolusi? Ada lah! Buat kita yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, pasti salah satu resolusi kita adalah mendapat nilai yang baik di setiap mata kuliah atau mata pelajaran, sehingga nantinya IP atau rapot kita hasilnya memuaskan. Apa lagi buat yang kelas 3 SMA, pasti sekarang sedang dalam masa-masa belajar giat untuk mengejar PTN (Perguruan Tinggi Negeri) impian.

Nah, aku ingin sedikit sharingtentang pengalamanku dalam hal belajar sampai bisa masuk ke peringkat 10 besar saat di SMA dalam 3 tahun berturut-turut. Salah satu cara belajar yang aku temukan ternyata ada dalam diriku sendiri. Seperti: Aku harus belajar di tempat yang ramai; namun tidak diganggu, saat belajar mata pelajaran yang berhitung aku harus sambil mendengar lagu agar tenang, aku lebih suka menghafal saat mengantuk, kemudian karena aku pelupa, maka cara belajar menyicil tidak mempan untukku. Aku harus belajar sehari sebelum ujian agar setelah menghafal, besoknya bisa langsung ditulis apa yang sudah dihafal sehari sebelum.

Itulah sedikit sharingku tentang cara belajarku sendiri. Kalau gitu, untuk kamu yang masih suka malas belajar karena merasa ada kesulitan, yuk coba ubah cara belajarmu!

Mengetahui Cara Menghafal

sumber: dayaingatdanotakkanan.com
sumber: dayaingatdanotakkanan.com
Kamu harus mengetahui bagaimana kamu bisa cepat menghafal. Apakah ada di 3 cara ini?

  • Mendengar
    Jika kamu adalah salah satu yang mudah menghafal dengan cara mendengar, maka ada baiknya kamu lebih fokus saat guru atau dosen mengajar. Dengarkan dengan seksama saat guru mengajar, dan catat poin-poinnya saja. Jadi saat pelajaran berlangsung kamu sudah mengingat dan tinggal membaca kembali sedikit poin-poin yang kamu catat saat ingin ujian.

  • Menulis
    Jika kamu adalah salah satu yang mudah menghafal dengan cara menulis, maka tulislah kembali apa yang sudah kamu hafal sesuai dengan kata-katamu sendiri, tanpa melihat buku yang sedang kamu hafal. Anggap saja, saat kamu menulis kembali, kamu sedang dalam proses ujian.

  • Membaca
    Jika kamu adalah salah satu yang mudah menghafal dengan cara membaca, maka tulislah kumpulan hal-hal penting yang harus kamu baca di dalam satu kertas dengan rapih sampai enak dibaca.


Mengetahui Cara Belajar dalam Hal Berhitung

sumber: jalantikus.com
sumber: jalantikus.com

Menurutku, belajar hitung-hitunganlah yang tersulit dibanding menghafal. Tapi aku yakin bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka pasti ada yang lebih mudah menghitung dibanding menghafal. Dalam hal belajar menghitung, kamu bisa pilih beberapa cara di bawah ini:

  • Belajar Sendirian di Tempat yang Tenang atau Sebaliknya
    Untuk cara ini, semua pilihan ada pada dirimu. Jika kamu lebih fokus menghitung saat sepi, maka kamu harus siapkan tempat belajar di tempat yang tenang dan tidak ramai orang, sehingga orang lain tidak bisa mengganggumu. Contohnya di kamar atau di perpustakaan. Kalau sebaliknya, maka carilah tempat yang ramai seperti restaurant atau ajak beberapa temanmu untuk belajar bersama.

  • Belajar Bersama Orang Lain yang Kamu Anggap Lebih Pintar Menghitung
    Nah, kalau ini, kamu bisa mengajak temanmu yang memang jago berhitung. Mintalah bantuannya secara sopan dan berbagi ilmu lah juga dengan dia. Jangan sampai kamu pelit ilmu yaa!

  • Menghafal Rumus atau Tidak
    Apakah kamu adalah tipe pelajar yang harus menghafal rumus? Jika iya, lakukanlah. Tidak perlu mendengar perkataan orang lain yang mengatakan bahwa pelajaran berhitung tidak perlu menghafal rumus. Meskipun menurutku memang cara belajar menghitung adalah diulang terus menerus dan tidak terlalu terpaku pada rumus, namun jika menghafal rumus adalah caramu, lakukan.


Kenali Kondisi Belajarmu

         1. Mendengar Musik

sumber: bp.blogspot.com
sumber: bp.blogspot.com

        Jika kamu adalah orang yang menyukai musik, cara ini bisa dicoba loh. Beberapa jenis musik terbukti mampu menghilangkan stress dan tekanan saat belajar.

        2. Menghafal saat Mengantuk

sumber: www.dictio.id
sumber: www.dictio.id

        Yang ini adalah salah satu caraku. Ternyata, penelitian membuktikan kalau tips belajar ini adalah salah satu cara yang ampuh, loh! Kamu bisa coba baca atau dengarkan materi pelajaran yang tidak terlalu rumit sebelum tidur. Penelitian menyebutkan kalau pada saat kita tidur, otak akan menguatkan apa yang sudah kita baca sebelumnya.

       3. Belajar dalam Kondisi Kenyang atau Lapar

sumber: klimg.com
sumber: klimg.com

         Nah untuk yang satu ini, karena bisa mengganggu konsentrasi, maka aku lebih menyarankan kalau kamu belajar tidak dalam kondisi lapar. Namun jika perutmu dalam kondisi kenyang dapat membuat rasa ngantuk sehingga bikin kamu nggak konsentrasi, kamu bisa makan cemilan saat belajar.

Itu dia salah satu tips belajar yang menurutku cukup efektif untuk meningkatkan kerajinanmu dalam belajar. Beberapa tips tambahannya adalah, jangan lupa untuk berolahraga dahulu agar kondisi tetap fit, serta berhentilah belajar sekitar 2 jam sekali untuk mengistirahatkan dan memulihkan kembali pikiranmu.

Jangan dibawa stress ya! Banggakan orang tuamu dengan prestasi yang baik dan raih terus impianmu lewat ilmu. Tetap semangat, readers!