Mohon tunggu...
Desi Wini Utami
Desi Wini Utami Mohon Tunggu... Mahasiswi Hukum Keluarga Islam UINSU

من جدّ وجد

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Tantangan Dakwah Bil Hal

17 Agustus 2020   18:24 Diperbarui: 17 Agustus 2020   19:12 30 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh:

Nama. : Ongku Siregar (Peserta KKN-DR 139 UINSU)
Nim.    : 0101173131
Prodi.  : Komunikasi Penyiaran Islam
Fak.      : Dakwah & Komunikasi
DPL.     : Dra. Hj. Mutiawati. Ma

Sebelum masuk pada pembahasan tentang tantangan dakwah bil hal, alangkah baiknya kita menjelaskan apa itu itu yang dimaksud dakwah bil hal. Dakwah bil hal adalah berdakwah dengan mengutamakan melalui perbuatan, dari segi akhlaq dan ajakan dengan cara memperaktekkannya langsung.

Adapun tantangan dakwah bil hal adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga akhlak dengan baik.                              Seorang da`i yang berdakwah dengan melakukan metode bil hal ini, akan lebih berhati hati dalam melakukan suatu tindakan, jangan sampai tidakan yang dilakukannya itu merusak citrah prilaku nya sebagai seorang da`i dia harus bisa mencontohkan akhlaq yang baik terhadap mad`unya, seperti bershadaqah, suka membantu dan lain-lain
  2. Menyesuaikan  dengan apa yang disampaikan.Seorang da`i` harus menyesuaikan perbuatannya dengan apa yang ia sampaikan, jangan sampai bertentangan, karena seorang da`i adalah tauladan bagi mad`unya.
  3. Harus memulai dari diri sendiri.                        Seorang da`i semestinya ia dalam berdakwah memulai dari dirinya sendiri, supaya bisa jama`ahnya mengikutinya. Dan jam`ah lebih cepat menerima yang disampaikan jika yang disampaikan itu duluan di praktekkan oleh dainya sendiri.
  4. Ikhlas dalam berdakwah.                                      Seorang da`i semestinya memelihara sifat ikhlas dalam hatinya supaya jam`ah itu senang terhadap da`i itu, karena dengan keikhlasanlah semua usaha kita akan mendapatkan hasil yang maksimal, baik dalam berdakwah maupun dalm hal lain.              
  5. Sabar.                                                                              Seorang dai harus sabar menyampaikan dakwahnya itu, sabar dalam mengontrol mad`unya, sabar dalam membimbing jam`ahnya, supaya jama`ah itu bisa mengikutinya biarpun tak seutuhnya.
  6. Menjaga komunikasi yang baik.                          Seorang da`i harus menjaga komunikasi terhadap mad`unya jangan sampai ada miscomunication

Kesimpulan

Berdakwah dengan metode bil hal ini adalah cara dakwah yang paling elegan di zaman sekarang ini, di mana seorang dai langsung terjun kelapangan untuk memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana mana akhlaq yang baik, bagaimana cara bersosialisasi antara satu dengan yang lainnya. Apalagi di zaman ini akhlaq nampaknya sudah mulai hilang karena minimnya orang belajar agama, karena mengutamakan jabatan, harta dan lain-lain sehingga ia lupa memperbaiki moralnya sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x