Mohon tunggu...
Desi Sommaliagustina
Desi Sommaliagustina Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Ilmu Hukum Universitas Dharma Andalas, Padang

Sebelum memperbaiki orang lain lebih baik memperbaiki diri kita dahulu |ORCID:0000-0002-2929-9320|ResearcherID: GQA-6551-2022|Garuda ID:869947|

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Hukum Ekonomi Internasional: Tantangan Perdagangan, Investasi Digital di Era Globalisasi

9 September 2023   00:58 Diperbarui: 9 September 2023   01:12 415
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hukum ekonomi internasional adalah cabang hukum internasional yang mengatur hubungan ekonomi antarnegara. Hukum ini mengatur berbagai aspek ekonomi internasional, mulai dari perdagangan internasional, investasi asing, hingga perdagangan jasa.

Hukum ekonomi internasional memiliki peran penting dalam mengatur hubungan ekonomi antarnegara. Hukum ini membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perdagangan dan investasi internasional. Hukum ini juga membantu melindungi kepentingan negara-negara, baik negara maju maupun negara berkembang.  

Di era globalisasi, hukum ekonomi internasional menghadapi berbagai tantangan dan peluang. Salah satu tantangan terbesar adalah meningkatnya persaingan ekonomi antarnegara. Globalisasi telah membuka peluang bagi negara-negara untuk memperluas pasarnya. Namun, hal ini juga menyebabkan persaingan yang semakin ketat.

Tantangan lain yang dihadapi hukum ekonomi internasional adalah munculnya tren baru dalam ekonomi global. Tren-tren baru ini, seperti ekonomi digital dan ekonomi hijau, membutuhkan pengaturan hukum yang baru. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, hukum ekonomi internasional juga memiliki peluang besar. Globalisasi telah menciptakan peluang baru bagi perdagangan dan investasi internasional. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh negara-negara untuk meningkatkan perekonomiannya.

Untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang, hukum ekonomi internasional perlu terus berkembang. Hukum ini perlu disesuaikan dengan perkembangan ekonomi global. Selain itu, hukum ini juga perlu lebih adil dan inklusif, sehingga dapat melindungi kepentingan semua negara.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan hukum ekonomi internasional:

  • Meningkatkan kerja sama internasional dalam penyusunan dan penerapan hukum ekonomi internasional.
  • Meningkatkan kesadaran hukum ekonomi internasional di kalangan masyarakat internasional.
  • Melakukan penelitian dan pengembangan hukum ekonomi internasional.

Dengan upaya-upaya tersebut, hukum ekonomi internasional dapat berperan lebih efektif dalam mengatur hubungan ekonomi antarnegara dan menciptakan dunia yang lebih adil dan sejahtera.

Perdagangan dan Investasi Digital

Hukum ekonomi internasional terus berkembang seiring dengan perkembangan ekonomi global. Salah satu isu hukum ekonomi internasional yang terbaru adalah perdagangan dan investasi digital.

Perdagangan dan investasi digital telah menjadi bagian penting dari ekonomi global. Menurut data dari World Trade Organization (WTO), perdagangan elektronik global pada tahun 2022 mencapai USD 27,9 triliun. Sementara itu, investasi asing langsung (FDI) di bidang teknologi mencapai USD 1,3 triliun pada tahun 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun