Mohon tunggu...
desi sihite
desi sihite Mohon Tunggu... yuk

Mahasiswa Untag Surabaya Jurusan : Ekonomi Pembangunan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memberikan Edukasi kepada Masyarakat Seputar Covid-19 dan Optimalisasi Pendidikan di Masa Pandemi

3 Januari 2021   15:41 Diperbarui: 3 Januari 2021   15:54 68 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memberikan Edukasi kepada Masyarakat Seputar Covid-19 dan Optimalisasi Pendidikan di Masa Pandemi
Dokumentasi KKN pada saat penandatanganan surat izin | dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya mengadakan program kerja berupa sosialisasi pola hidup sehat dan bimbingan belajar upaya mengatasi masalah pada sektor pendidikan yang muncul akibat pandemi covid-19 yang telah mewabah.

Desy Delima Sihite, Mahasiswi program studi Ekonomi Pembangungan telah terjun ke masyarakat untuk melakukan kegiatan KKN Reguler yang diadakan secara individu di kampung Pumpungan III Surabaya. Kegiatan KKN Reguler ini dilakukan selama 12 hari dan telah dimulai sejak tanggal 11 Desember 2020 sampai dengan 23 Desember 2020  Dengan pendampingan dari dosen pembimbing, Bapak Mochammad Sidqon, S.Si. M.Si.

Untuk menjawab permasalahan yang ada di kampung Pumpungan III, maka dilakukannya beberapa program kerja yaitu Sosialisasi pencegahan covid-19 yang dilakukan dengan warga sekitar dan Relawan mengajar untuk anak-anak SD.

Dokumentasi KKN pada saat pembagian masker pada masyarakat | dokpri
Dokumentasi KKN pada saat pembagian masker pada masyarakat | dokpri
Fauzi selaku Ketua RT di Kampung Pumpungan III sangat mendukung kegiatan sosialisasi pola hidup sehat dan termasuk kegiatan bimbingan belajar ini. "Saya sangat setuju dengan kegiatan ini, dikarenakan banyak anak-anak yang kesulitan belajar online dan Orang tua mereka pun ikut kewalahan harus menjadi guru untuk anak-anak meraka saat belajar online dirumah padahal masih banyak Orang tua yang tidak mengenyam pendidikan, begitu juga dengan kesadaran akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, masih banyak dari warga yang tidak menggunakan masker saat keluar dari rumah," tutur Fauzi Ketua RT Pumpungan III.

Dokumentasi KKN pada saat mengajar anak anak sekolah dasar | dokpri
Dokumentasi KKN pada saat mengajar anak anak sekolah dasar | dokpri
"Permasalahan yang muncul saat pandemi ini dirasakan oleh anak sekolah, banyak anak sekolah di kampung Pumpungan III mengeluh karena susahnya memenuhi kebutuhannya dalam melakukan pembelajaran secara daring, karena kebutuhan internet yang meningkat dan masih banyak orang tua yang kurang bisa memenuhi kebutuhan anaknya untuk proses belajar secara daring saat ini," tutur Desy sapaan mahasiswi UNTAG ini.

Tidak hanya memberikan edukasi terhadap warga, melalui kegiatan KKN ini dilakukan juga pembelajaran terhadap anak-anak SD dengan cara yang asyik dan menyenangkan. Bimbingan dimulai sejak 15-17 Desember 2020 dilakukan di Halaman rumah salah satu warga. Kegiatan pembelajaran yang diberikan yaitu berupa pembelajaran Bahasa inggris, matematika dan tentunya mengajarkan betapa pentingnya mencuci tangan yang baik agar anak-anak mengerti cara hidup sehat terlebih lagi di musim pandemi ini.

Adanya Program Bimbingan Belajar oleh Mahasiswa KKN UNTAG ini sangat dirasakan oleh Ibu Ika manfaatnya bagi anak-anak, terutama kami para orang tua. "Saya berharap dengan kegitan KKN ini bisa memebantu para Orang Tua yang kwalahan dalam mengajari anak-anak kami," tutur Ibu ika salah satu Orang Tua murid.

Dengan adanya kegiatan KKN yang telah terlaksana, Desy berharap semoga warga Pumpungan III dapat selalu sehat hingga berlalunya wabah ini. "Saya harap dengan adanya kegiatan KKN ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat sehingga dapat terhindar dari penularan Virus Covid-19, Semoga warga Pumpungan III dapat selalu sehat hingga berlalunya wabah ini dan kembali beraktivitas dalam tatanan kehidupan/kebiasaan baru (new normal)." harap Desy mahasiswi UNTAG.

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten

VIDEO PILIHAN