Mohon tunggu...
desinta heydi rahmawati
desinta heydi rahmawati Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - profil untuk diri sendiri

hanya ingin menuliskan apa yang tak mampu diucapkan

Selanjutnya

Tutup

Travel

Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung

1 Desember 2021   17:18 Diperbarui: 1 Desember 2021   17:29 88 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Tulungagung lagi lagi menarik lewat wisata alamnya yang cukup memukau. Kali ini kita akan mengulas tentang salah satu wisata alam di Tulungagung yaitu Danau Ranu Gumbolo. Memang wisata alam ini memiliki nama yang hampir serupa dengan Danau Ranu Kumbolo yang ada di Taman nasional Bromo Tengger Semeru. 

Meskipun memiliki nama yang sama namun kedua tempat ini adalah sebuah wisata alam yang ada dilokasi yang berbeda. Namun, keindahan dari danau Ranu Gumbolo ini tak kalah jauh dengan danau yang ada di Bromo. Jika temen - temen ingin menikmati keindahan danau tanpa harus melewati medan yang sulit dan jalan kaki berjam - jam maka Danau Ranu Gumbolo inilah jawabannya.

Selain menikmati keindahan danau yang sangat mempesona itu, para pengunjung juga bisa berfoto ria di tengah hamparan pepohonan pinus yang juga ada di area sekitar danau. Pepohonan yang rindang ini cukup membuat udara semakin sejuk dan tentunya membuat seluruh pengunjung semakin betah berlama - lama di tempat ini. 

Suasana di danau Ranu Gumbolo ini terasa sangat asri sehingga nyaman untuk temen - temen bisa merefresh pikiran. Area pepohonan pinus ini bisa juga dijadikan sebagai tempat camping, hammocking, piknik, dan bersantai, jadi tak heran jika banyak orang yang gemar datang kesini karena tempat ini memang cocok untuk memanjakan mata.

Ranu Gumbolo sebenarnya bukanlah sebuah wisata alam yang murni terbentuk karena sebuah peristiwa alam, melainkan karna di buat oleh manusia. 

Hutan pinus yang ada di sekeliling danau tersebut merupakan hasil dari reboisasi, sedangkan danau yang menjadi obyek utama wisata ini adalah bagian dari waduk Wonorejo, yang mana kedua tempat wisata ini memang berdekatan. Meskipun wisata ini adalah buatan, namun keindahan dan keasriannya tetap sangat terasa.

Ketika temen - temen datang berkunjung ke Ranu Gumbolo maka kalian bisa menikmati keindahan danau yang ada, suasana yang sangat sejuk, dan bahkan temen - temen juga bisa menikmati pemandangan dari sebuah gardu yang dibangun diatas pohon pinus. 

Selain memanjakan mata dan otak, pengunjung yang datang juga bisa merasakan sensasi menaiki wahana flying fox yang sudah tersedia, dan juga bisa menaiki perahu untuk mengitari danau. 

Selain berbagai wahana yang ada, di Ranu Gumbolo juga juga difasilitasi oleh toilet, mushola, dan beberapa warung kecil yang menjual snack dan minuman, cocoklah untuk menemani liburan temen - temen.

Wisata Danau Ranu Gumbolo ini terletak di desa Wonorejo, kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, jaraknya dari pusat kota sekitar 25km.  Untuk berkunjung di tempat ini temen - temen tidak bisa menggunakan angkutan umum melainkan dengan kendaraan pribadi, sebab area ini tidak dilewati oleh kendaraan umum seperti bus kota, ataupun yang lainnya. 

Sebelum menikmati keindahan danau, temen - temen akan diminta membayar tiket masuk sebesar 5-8 ribu, cukup murah bukan untuk pemandangan yang sangat indah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan