Mohon tunggu...
Desy Hani
Desy Hani Mohon Tunggu... Lainnya - Happy reading

Hi, you can call me Desy | The Headliners 2021 | Best in Opinion Kompasiana Awards 2023 | Masya Allah La Quwwata Illa Billah. Allahumma Baarik Alaih

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

"Self Esteem", Sebuah Seni Menghargai Diri Sendiri

2 September 2023   21:50 Diperbarui: 3 September 2023   11:20 679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi self esteem | (Sumber: SHUTTERSTOCK/Krakenimages.com via kompas.com)

Self esteem, rangkaian kata yang memberi sugesti agar lebih menghargai "dirimu sendiri". Semuanya bermula dari "kamu". Apakah kamu akan menciptakan high self esteem, ataukah malah terjerumus pada low self esteem. Adakah solusi yang bisa dilakukan demi mencapai healthy self esteem

Sebagai salah satu makhluk penghuni planet bumi, kehidupan yang terjadi di dunia ini, pastinya, diisi dengan berbagai macam cerita.

Warna-warni kehidupan akan menghiasi alur yang terjadi dan ini tidak akan sama di setiap makhluknya, karena para penghuni bumi telah memiliki jalan cerita hidupnya masing-masing. 

Kamu dan temanmu, yang berada di satu tingkatan perguruan tinggi yang sama, tidak akan memiliki alur kehidupan yang sama. Meskipun kalian satu angkatan dan berasal dari jurusan yang sama, serta memiliki rencana yang sama. 

Ilustrasi wisuda | sumber: timesindonesia.co.id
Ilustrasi wisuda | sumber: timesindonesia.co.id

Sederhananya, di saat hari bahagia itu tiba, toga wisuda yang sudah menempel dengan begitu indah, slayer dan gordon yang telah bersanding menghiasi leher jenjangmu. Serta sebuket bunga menambah senyum indah yang terkembang di wajahmu. 

Pada hari itu, kamu dan teman-teman seangkatanmu telah dinyatakan lulus, di mana kamu mendapatkan predikat cumlaude dengan begitu membanggakan. 

Wishlist-mu selanjutnya adalah menjadi bagian dari salah satu perusahaan ternama milik negara. Planning-mu terhadap jenjang karier telah dipikirkan sebelum menyandang gelar sebagai alumni. 

Ilustrasi karir | sumber: osca.co.id
Ilustrasi karir | sumber: osca.co.id

Bayangan akan id-card yang terjuntai menghiasi lehermu, serta seragam kebanggaan perusahaan yang akan kamu kenakan, telah berkeliaran mengisi imajinasi di dalam kepalamu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun