Mohon tunggu...
Desy Indah Hani
Desy Indah Hani Mohon Tunggu... Hi happy reading

Practice makes perfect

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Perhatikan 3 Hal Berikut Sebelum Mengirimkan Surat kepada yang Terkasih

9 Mei 2021   09:09 Diperbarui: 9 Mei 2021   09:21 318 19 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perhatikan 3 Hal Berikut Sebelum Mengirimkan Surat kepada yang Terkasih
Ilustrasi surat (sumber: kompas.com)

Surat, satu kata yang berkaitan dengan kedua belah pihak, pertama pengirim dan kedua adalah penerima. Seperti halnya mengirimkan surat kepada sanak saudara yang berada di kampung halaman, misalnya

Surat berisikan sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh seseorang kepada orang yang ditujunya. Terlebih lagi ketika masih berada di generasi tradisionalis maupun baby boomers. Tentu saja surat lebih mendominasi. 

Meskipun demikian, hingga sekarang surat tetap menjadi salah satu alat komunikasi yang eksis di tengah masyarakat dunia. Seiring dengan berjalannya waktu dan seiring dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi. 

Surat tidak hanya sekedar hadir dalam bentuk rangkaian kata demi kata yang ditulis pada secarik kertas saja. Namun sekarang surat juga hadir dalam bentuk surat elektronik atau pos elektronik, atau yang lebih dikenal dengan nama email (elektronik mail). 

Dengan menggunakan email, kita bisa mengirimkan surat kepada seseorang yang kita tuju melalui jaringan komputer dengan hanya mengetahui alamat email yang bersangkutan, rangkaian kata demi kata yang ingin disampaikan bisa langsung berjumpa dengan orangnya. 

Bila menggunakan surat elektronik kita tidak perlu menunggu waktu yang lama hingga surat sampai ke penerima, karena di beberapa menit kemudian setelah kita menekan kata "kirim", secara otomatis surat tersebut akan sampai ke alamat email yang dituju. 

Kemajuan teknologi memang mampu memberikan manfaat yang begitu besar apabila kita mampu menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Berkaitan dengan tema Samber Kompasiana pada hari ini yang berkaitan dengan pengiriman surat ke sanak saudara di kampung halaman, kita harus memperhatikan dengan sebaik mungkin pengiriman surat tersebut.

Mengirim surat tidak hanya sekedar kirim dan semua urusan terselesaikan. Bila surat tersebut sangat penting dan berharga bagi kita, tentu saja kita harus memastikan bahwa surat tersebut telah sampai kepada penerima. 

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengirimkan surat kepada orang yang ingin kita tuju, seperti: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN