Mohon tunggu...
Desy Indah Hani
Desy Indah Hani Mohon Tunggu... Hi happy reading

Practice makes perfect

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ketangguhan Para Wanita di Tanah Rantau

21 April 2021   23:34 Diperbarui: 21 April 2021   23:55 508 24 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketangguhan Para Wanita di Tanah Rantau
Dipertemukan ketika masuk di perusahaan yang sama (sumber: dokumentasi pribadi)

Bertemu dan dipertemukan dengan begitu banyak teman dari berbagai daerah memanglah sangat menyenangkan. Terlebih lagi, pertemuan ini dimulai ketika sama-sama terjun di salah satu perusahaan. 

Ikatan pertemanan pun semakin kuat, tatkala kami berasal dari daerah yang berbeda. Sebagai anak rantauan di saat itu, membuat kami terus berusaha menjadi wanita yang tangguh dalam berbagai hal. 

Sumber: dokumentasi pribadi
Sumber: dokumentasi pribadi

Baik itu ketika sedang bekerja, berkumpul bersama teman-teman satu kantor yang sangat dominan dengan para perantau. Hingga saling memberikan kata "semangat". 

Begitu banyak cerita yang hadir di antara kami semua ketika menjadi perantau. Menginjakkan kaki di tanah rantauan, mampu menghadirkan ketangguhan dari berbagai sisi.

Sumber: dokumentasi pribadi
Sumber: dokumentasi pribadi

Seperti halnya tetap kuat karena harus berjauhan dengan keluarga serta saudara ketika berada di perantauan.

Selain itu, ketangguhan lain yang paling terasa ketika kondisi tubuh sedang tidak baik. Disinilah yang paling dekat dan yang paling berperan tentu saja adalah teman. 

Dengan demikian, bisa saling menjaga dan saling memahami. Begitu pula ketika sedang berlibur dan menikmati liburan, tentunya dilakukan secara bersama-sama. Seperti halnya contoh gambar di dalam artikel ini. 

Sumber: dokumentasi pribadi
Sumber: dokumentasi pribadi

Menjadi perantau tidak serta merta membuat kami lupa akan tanah kelahiran. Latar belakang menjadi perantau juga dikarenakan alasan pekerjaan. Selain itu, membuat kami semua menjadi lebih mandiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN