Mohon tunggu...
desy
desy Mohon Tunggu... Hi happy reading

Mahasiswi lulusan akuntansi yang suka menulis tentang kucing - Practice makes perfect

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Tragedi Kapal Sewol April 2014

5 Oktober 2020   20:19 Diperbarui: 5 Oktober 2020   20:27 538 18 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tragedi Kapal Sewol April 2014
sumber : www.rappler.com

Korea Selatan selalu identik dengan kata drama, boyband and girlband. Bagi kita yang menyukai aktor maupun aktris asal negeri giseng ini. Seperti Song Jong Ki, Lee Min Hoo, Park Soe Joon, Lee Seung Gi, Jo In Sung, Han Suk Kyu, Ahn Hyo Seop, Lee Jong Suk, Park Bo Gum, Kim Woo Bin, Hyun Bin, Gong Yoo hingga aktor Korea Selatan dengan bayaran tertinggi mencapai 2 milyar per epsiode yaitu Kim Soo Hyun.

Bagi yang belum mengenal sosok Kim Soo Hyun, saya akan perkenalkan orangnya melalui foto dibawah ini. (bonus artikel). 

sumber : internationalgimbap.wordpress.com
sumber : internationalgimbap.wordpress.com

Kembali ke topik utama artikel ini. 

Semua yang berbau Korea Selatan seakan-akan mampu menarik perhatian. Mulai dari Korea Selatan yang tergolong ke dalam negara maju. Hingga kebudayaan dan tempat wisatanya yang mampu mampu mencuri perhatian lagi. Meskipun masyarakat Korea Selatan hidup di negara maju dan diikuti dengan kemajuan teknologi, tidak lantas membuat mereka lupa akan warisan nenek moyang dari negara tersebut. 

Lihat saja bagaimana Korea Selatan memperkenalkan kebudayaannya. Dibalik cerita drama yang seru, terkadang memberikan kisah akan kebudayaan dari negeri gingseng ini. Sehingga tanpa kita sadari, mendorong rasa ingin tahu yang tinggi tentang negara yang berada di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea . Seoul merupakan ibukota dari Korea Selatan.

Namun siapa sangka. Dibalik cerita menarik yang dimiliki oleh negara yang satu ini. Ada sebuah peristiwa yang tidak akan pernah terlupakan dan menjadi sebuah kisah di setiap tahunnya, yaitu peristiwa tenggelamnya kapal feri sewol yang menggangkut 476 orang penumpang. Mayoritas dari penumpang kapal feri sewol tersebut adalah siswa siswi SMA Danwon. Dalam peristiwa tersebut yang dinyatakan selamat hanya 172 orang penumpang saja.

Enam tahun sudah berlalu. Tepat di tanggal 16 april tahun 2014, kejadian yang tidak akan pernah terlupakan bagi seluruh siswa dan siswi SMA Danwon. (SMA Danwon adalah sekolah menengah atas yang didirikan pada tahun 2005. Berlokasi di Distrik Danwon, Ansan, Korea Selatan. Danwon merupakan sekolah negeri yang berada dibawah naungan otoritas Kantor Pendidikan Provinsi Gyeonggi)

Mengenai peristiwa tenggelamannya kapal feri sewol. Peristiwa tersebut menjadi cacatan kelam bagi transportasi Korea Selatan. Saat berlayar menggunakan kapal feri sewol. Para siswa siswi SMA Danwon pada hari kejadian tersebut berniat ingin berwisata dan mengunjungi Pulau Jeju. Namun semua hal terjadi diluar batas kemampuan. Sebelum tiba di lokasi tujuan, kapal feri sewol yang mayoritas ditumpangi oleh para siswa siswi SMA Danwon ini mengalami permasalahan hingga akhirnya tenggelam.

Bagi kita yang sering menonton drama korea, sepertinya tidak akan asing lagi mendengar istilah Pulau Jeju. Kenapa bisa demikian, yaa karena di beberapa drama yang ditayakan, tidak jarang selalu dan selalu menampilkan serta memperlihatkan keindahan dari Pulau Jeju. Dimana pulau ini seharusnya menjadi cerita yang menarik dan menyenangkan bagi siswa siswi SMA Danwon disaat itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN