Mohon tunggu...
Desi Wastuti
Desi Wastuti Mohon Tunggu... Tenaga pendidik yang senang belajar menulis | @mama_desi | FB : Desi Mamaci

Menulis dan membaca untuk berinteraksi dengan dunia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

6 Pembiasaan Ini Baik untuk Perkembangan Fisik Motorik (Kasar) pada Anak

23 Juni 2020   22:42 Diperbarui: 23 Juni 2020   22:40 117 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Pembiasaan Ini Baik untuk Perkembangan Fisik Motorik (Kasar) pada Anak
suarapersatuan.com

Anak yang sehat jasmani dan rohani, berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan yang seharusnya, serta memiliki ukuran dan proporsi tubuh yang ideal sesuai dengan antropometri, adalah keinginan mutlak bagi semua orang tua. 

Pertumbuhan fisik anak dipengaruhi oleh faktor genetik dari orang tua, pengaruh asupan makanan yang dikonsumsi anak, dan stimulasi pertumbuhan yang diperoleh si anak.

Stimulasi pertumbuhan bagi anak bisa dilakukan setiap hari oleh orang tua dari rumah, melalui pembiasaan-pembiasaan yang baik. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Tidur dengan posisi yang benar

Saat tertidur sel-sel syaraf tetap berfungsi dalam tugas pertumbuhan. Jangan biarkan si kecil tidur dengan posisi tubuh yang tertelungkup, atau setengah terlipat (meringkuk). 

Kebiasaan seperti itu berakibat struktur tulang punggung menjadi kurang tegap. Anjuran posisi tidur yang baik adalah menghadap ke atas, atau miring ke kiri, dengan badan serta kaki lurus.

Posisi  makan dan menulis tepat

Ketika sedang makan sebaiknya duduk dengan punggung yang tegap, begitu pula ketika menulis harus sambil duduk, pandangan mata pada media tulis kurang lebih 30 cm. 

Jangan sampai anak ketika menulis punggungnya condong, karena bisa membuat tulang punggung menjadi miring.

Tidak duduk seperti katak

Jangan biarkan anak ketika duduk di lantai terbiasa duduk dengan posisi seperti katak, karena bisa menyebabkan bentuk kaki menjadi kaki dengan bentuk  tipe X.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x