Mohon tunggu...
KKN UM Sumberagung
KKN UM Sumberagung Mohon Tunggu... Guru - Universitas Negeri Malang

KKN UM 2019 Sumberagung, Kec.Ngantang, Kab.Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Batik E-Dye Sebagai Ciri Khas Desa Sumberagung untuk Ciptakan Kampung Batik

1 Juli 2019   20:08 Diperbarui: 1 Juli 2019   20:15 33 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokpri
dokpri
Malang- Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengadakan pelatihan batik E-Dye pada Sabtu, 29 Juni 2019 di posko KKN UM Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta pelatihan yang sudah terbentuk sebelumnya. Pelatihan ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam yaitu dimulai pukul 09.00 -- 12.00 WIB.

Sebelum pelatihan batik, kegiatan dibuka dengan sambutan-sambutan dari koordinator desa, bu kades, ketua kader batik desa Sumberagung, dan sambutan dari koordinator batik dari kelompok mahasiswa UM, ujar Faradila selaku pembawa acara.

Menurut Bu Mujiati selaku ketua PKK dan Bu Kades Desa Sumberagung, adanya pelatihan batik ini sangat bermanfaat bagi kami ke depannya, selain menambah ilmu juga bisa menjadi keterampilan dan wirausaha warga desa Sumberagung.

Apasih batik E-Dye itu?

"Batik E-Dye merupakan gabungan dari batik Ecoprint dan Tyedye. Batik ecoprint yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan daun-daun yang berada di sekitar desa Sumberagung. Sedangkan batik Tyedye adalah teknik mewarna kain dengan cara tertentu sebelum dilakukan pewarnaan. 

Nah untuk desa Sumberagung kita adakan pelatihan dengan menggabungkan antara batik ecoprint dan tyedye dalam satu kain sekaligus, tetapi dengan teknik yang bertahap yaitu dimulai membuat batik tyedye terlebih dahulu kemudian baru batik ecoprint", ujar Chusnul selaku pemateri. 

Warga desa Sumberagung sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Baik dari kalangan muda maupun tua. Mereka mengikuti pelatihan dengan memeperhatikan betul langkah demi langkah dalam pembuatan batik ini. Rencananya batik ini akan terus dijalankan hingga kampung batik benar-benar terwujud.

"Adanya pelatihan batik E-Dye ini dapat meningkatkan penghasilan warga desa Sumberagung dan menjadikan sebagai usaha sekaligus kampung batik yang tidak hanya terkenal di lingkup kecamatan Ngantang saja tetapi hingga ke luar negeri" ujar Burhan selaku koordinator desa KKN UM.

Dengan adanya pelatihan batik E-Dye kami berharap warga desa Sumberagung dapat lebih maju ke depannya baik dari desanya sendiri hingga pola hidup masyarakatnya, ujar mahasiswa KKN UM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan