Edukasi

Pentinganya Bermain dalam Dunia Anak

11 Oktober 2018   19:20 Diperbarui: 11 Oktober 2018   19:39 313 0 0
Pentinganya Bermain dalam Dunia Anak
shutterstock.com

Dunia anak adalah dunia bermain, lantas mengapa demikian?  Karena bermain adalah aktifitas yang membuat hati seorang anak kecil menjadi senang, nyaman dan bersemangat.

Dalam bermain ada yang namanya permainan, Santrock mengatakan bahwa permainan adalah kegiatan yang menyenangkan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri. 

Kegiatan bermain dapat membantu anak untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi dan mampu mengasah kemampuan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan keterampilan sosial. Kegiatan bermain saling keterkaitan dengan berbagai peristiwa,  situasi, interaksi dan aksi.  

Bermain menjadi kebutuhan utama bagi anak karena kegiatan ini mendukung kemampuan bahasa,  kemampuan kognitif,  emosional,  perkembangan fisik-motorik,  dan sosial emosional.  fungsi dan manfaat bermain bagi perkembangan anak :

1. Perkembangan fisik motorik

Kegiatan dalam bermain ini akan berdampak pada positif anak.  Karena anak dapat menggerakkan seluruh anggota tubunya dan menggerakkan otot kasar maupun halus . 

2. Perkembangan kognitif

Aspek kognitif anak juga berkembang karena pada saat bermain anak mampu meningkatkan konsentrasi dan perhatiannya, mampu mengembangkan perspektif juga melatih ingatan. Belajar berbagai konsep bentuk warna, ukuran dan jumlah yang menstimulasi perkembangan intelektualnya sehingga anak mampu memahami dunia dan sekitarnya dengan baik.

3. perkembangan bahasa 

Anak dapat memperkaya banyak kosa kata dan kemampuan berkomonikasi yang berhubungan dengan lawan mainya.  

4. Perkembangan sosial 

Anak berlatih untuk menjalin hubungan sesamanya dan belajar hidup dalam bekerjasama seperti,  anak belajar menerima,  memberi,  tolong menolong, dan lainya. 

5. Perkembangan Kreatifitas 

Anak akan selalu bermain dalam berimajinasi dan diberi kesempatan mengutarakan mengenai idenya. 

6. Perkembangan Emosi

Anak dapat belajar untuk menata emosi dan mampu mengendalikan diri dan menyalurkan perasaan/ emosinya. 

7. Perkembangan Moral 

Sangat membantu anak selalu belajar untuk menerima kekalahan dalam suatu permainan dan dapat bersikap jujur. 

Adapun tingat kognitif dalam bermain meliputi: 

1. Tidak menetap (sensori-motori) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2