Humaniora

Bunda, Mengajari Anak Memanglah Menjadi Hal yang Penting

9 Februari 2018   22:28 Diperbarui: 9 Februari 2018   22:54 297 2 0

Belajar pada anak sudah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam perkembangan anak.  Belajar pada anak sangat perlu untuk di perhatikan. Anak pada usia 3-6 tahun atau anak memasuki sekolah (play groub dan taman kanak-kanak).Anak akan dihadapkan mengenali kemampuan dalam membaca maupun menulis.  Sebagai orang tua sekaligus sebagai madrasah al-ulaseharusnya tidak mengandalkan aktitas anak di sekolah, melainkan memberikan dan membimbing anak di kegiatan luar sekolah,  misalnya belajar di rumah atau belajar yang bersifat indivudual dalam bentuk ingatan jangka panjang dan lainya.  Agar anak menjadi pribadi yang lebih baik. 

Ada banyak cara mengajari anak untuk belajar, mulai dari belajar membaca,  menulis, menggambar, agar motorik halusnya terlatih dengan baik.  Untuk mengajarkan si kecil memanglah harus bersabar karena itu masa "golden age" atau masa keemasan.Golden age masa yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh dan berkembang  anak secara cermat, agar tidak dapat terdeteksi  apabila terjadi kelainan.  

Penanganan kelainan dapat memanimalisasi disfungsi tumbuh kembang anak sehingga mencegah terjadinya disfungsi permanen.  

Berikut cara mengajarkan belajar anak di luar sekolah:

1.  Mengajari anak belajar membaca

Untuk mengajari anak belajar membaca yang pertama mengenalkan huruf abjad dan angka bisa dengan bernyanyi Bahasa inggris atau bahasa indonesia memacu anak untuk mengingatkannya . Selain dengan cara bernyanyi, menggunakan media elektronik juga bisa membantu untuk belajar anak seperti aplikasi yang dilengkapi gambar dan audio agar anak dapat mengeja dan membaca dengan benar.  

2. Mengajari anak untuk menulis

selain mengajari anak untuk membaca, mengajari anak menulis salah satu cara untuk anak terbiasa belajar.  Kenalkanlah huruf abjad terlebih dahulu,  jika sudah mengenal huruf abjad mintalah anak untuk menulis namanya, nama ayah,  nama ibu atau yang lain. Bantulah anak untuk mengeja supaya  gampang untuk menulis.  

" Anak adalah individu yang unik,  karena pertumbuhan dan perkembanganya itu berbeda-beda".