Mohon tunggu...
Desia Sasmito
Desia Sasmito Mohon Tunggu... Wiraswasta - A house wife is learning about life

A house wife is learning about life

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Racer Sahur Nomer Satu, tetap Sehat dan Bernutrisi

13 Mei 2019   11:46 Diperbarui: 13 Mei 2019   11:49 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Topik kali ini saya paling suka. Bagaimana tidak, yang setiap hari saya selalu memasak. Saya memasak karena anak-anak tidak doyan pedas, ayah saya juga. Kalau suami suka pedas sesekali aja, atau tinggal bikinin sambel untuk pelengkap.

Setiap masak saya tidak pernah rempong. Yang paling rempong itu malah kalau ada sesi goreng-gorengnya nah itu yang bikin lama didapur.

Tips dan triknya agar tidak lama didapur:
1. Seminggu sekali kupas bawang merah kira-kira cukup buat masak satu minggu atau lebih. Saya biasanya beli bawang merah setengah kilo, seperempatnya saya goreng sebagai stock bawang goreng, sepertiga nya saya masukin ke toples dan simpan dikulkas. Kalau pengen masak tinggal ambil deh seperlunya.

2. Sediakan toples kedua yang berisi lombok merah, jangan di kupasin batangnya, jangan dicuci dulu, masukin saja langsung ke wadah dan masukkan beberapa bawang putih yang sudah dikupas. Tujuan bawang putih masuk satu tempat bersama lombok agar lombok tidak cepat busuk.

3. Tanam daun yang bisa digunakan untuk penyedap seperti daun sereh, daun jeruk, daun pandan dan daun bawang. Daun-daunan ini hanya kita gunakan sedikit setiap kali masak, kalau disimpan tidak bertahan lama sudah layu dan mulai busuk.

4. Kupas dan potong sayuran malam sebelum sahur seperti wortel, buncis, kembang kol, atau sayuran lain sesuai selera.

5. Lauk bisa nyetok tahu, tempe, ayam atau daging sesuaikan budget aja. Yang paling awet daging-dagingan karna bisa direbus dulu dibiarkan dingin lalu di masukin frezzer. Jangan lupa mindahin daging dari freezer ke bagian kulkas biasa sebelum kita tidur.

Salah satu resep saya yang paling cepat tersaji dan bernutrisi adalah

Sop Ayam Suwir

Caranya:
Ambil bawang putih, merica dan garam haluskan dan tumis sebentar. Lalu masukan air secukupnya, masukan ayam suwir-suwir rebus 5 menit, dan terakhir masukkan sayur-sayuran sesuai selera. Jangan lupa stock bawang gorengnya bisa ditaburin dan irisan daun bawangnya ambil di pot sedikit aja. Jadi deh, siap saji. Cocol saus sambel tomat dan kecap. Hm..cepat, segar, enak, bernutrisi. Jangan lupa baca Basmallah dulu ya sebelum makan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun