Mohon tunggu...
Deron_
Deron_ Mohon Tunggu... Hamba Allah yang B aja

Ridha Allah tergantung ridha kedua orang tua dan murka Allah tergantung murka keduanya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teori Konspirasi

10 Desember 2020   22:00 Diperbarui: 10 Desember 2020   22:03 60 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teori Konspirasi
Teori Konspirasi (iStockphoto)

                      Begitu banyak hal-hal aneh yang ada di muka bumi ini, seperti peristiwa-peristiwa besar yang pernah terjadi tanpa diduga sebelumnya oleh manusia dan sempat menghebohkan seluruh jagat raya. Orang yang hanya berpikir secara realistis menganggap bahwa setiap apa yang terjadi di dunia ini adalah suratan takdir yang telah Tuhan tentukan. 

Memang pernyataan itu benar, tapi apabila kita mencoba untuk berpikir lebih kritis lagi, maka kita akan mengeluarkan sebuah pernyataan tentang ini bahwa  tidaklah Tuhan turunkan sesuatupun ke dunia ini melainkan diturunkannya juga penyebab beserta solusinya.

           Maka mulailah orang-orang bermunculan dengan teorinya masing-masing yang mereka yakini sebagai penyebab atas sebuah fenomena yang sedang terjadi. 

Spekulasi demi spekulasi yang terlontar dari mulut-mulut manusia terus mengemis perhatian dan kepercayaan dari khalayak ramai, entah itu spekulasi berdasarkan data yang valid ataupun spekulasi tanpa adanya bukti yang berdasarkan halusinasi dengan penuh imajinasi tingkat tinggi. 

Hingga sampai pada saat dimana para pemikir mulai memprediksi sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dan semua itu dinamakan dengan Teori Konspirasi.

           Apa itu Teori Konspirasi ? mengacu pada 3 unsur. Yang pertama, apa  itu teori ?, kedua, apa itu konspirasi ?, dan yang terakhir, apa definisi dari teori konspirasi itu sendiri ?. Definisi teori menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ada 4 makna:

1. pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi; 

2. penyelidikan eksperimental yang mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi:  teori tentang kejadian bumi; teori tentang pembentukan negara;

3. asas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan:  teori mengendarai mobil

4. pendapat, cara, dan aturan untuk melakukan sesuatu: teorinya memang mudah, tetapi praktiknya sukar

Sedangkan konspirasi menurut Oxford Learner’s Dictionaries adalah a secret plan by a group of people to do something harmful or illegal, atau bisa diartikan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu Sebuah rencana rahasia oleh sekelompok orang untuk melakukan sesuatu yang berbahaya atau illegal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x