Mohon tunggu...
Dere Linggau
Dere Linggau Mohon Tunggu... Freelancer - Kita bersaudara, jika bukan saudara seiman, kita saudara setanah air, Jika tidak setidaknya kita mempunyai hobi yang sama

Takdir bukan hukuman

Selanjutnya

Tutup

Film

Jangan Gagal Paham Dulu

20 September 2020   11:47 Diperbarui: 20 September 2020   11:53 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri; kurang lebih posternya seperti ini (ini cuplikan dari adegan filmnya) saya tidak bisa menyertakan gambar poster asli takut terkena hak cipta|Origin Entertainment

Sekilas jika kita melihat poster sebuah film baru yang rilis di tahun ini 28 Agustus besutan dari sutradara Marco Pontecorvo

pasti menemukan sesuatu yang sedikit "aneh".

Saya yang berstatus sebagai muslim merasakan sesuatu itu. Tapi kok ndak ada pencekalan atau larangan terhadap film ini? Kok senyap? Apakah gara-gara keadaan ekonomi yang sedang morat-marit membuat orang-orang tidak kritis lagi?

Ternyata eh ternyata, setelah saya mencoba memahami dan mencari tahu (tabayun) akhirnya saya menemukan jawaban dari pertanyaan saya tadi ketika melihat poster film ini, barulah saya sadar bahwa pengetahuan saya masih sangat sedikit dan ketika menonton filmnya sampai habis, saya tidak melihat ada sangkut pautnya terhadap Islam ataupun penghinaan lainnya

Di poster promosi terpampang tiga anak kecil, dua perempuan dan satu laki-laki sedang berdoa (dengan sikap sujud;menekuk kaki hingga lutut menyentuh tanah) sambil menggenggam Rosario dengan judul besar FATIMA

Nama Fatima untuk umat muslim sangat "familiar" karena merupakan nama seorang anak perempuan dari Nabi terakhir Muhammad shalallahu alaihi wassalam yaitu Fatimah Az-Zahra.

Dan kejutan untuk saya ini adalah bahwa FATIMA juga nama yang suci untuk umat Kristen Katolik. Di Portugal, Spanyol, dan Amerika Latin, tak sedikit orang tua memberi nama baptis putri mereka Maria Fatima (atau Maria di Fatima). Tak banyak yang tahu tentang itu, selain kalangan Katolik sendiri.

Fatima adalah nama dusun di Portugal yang terletak 142 km sebelah utara Lisbon. Seperti Lourdes, Fatima juga didedikasikan untuk menghormati Bunda Maria, dan tiap tahunnya lebih dari empat juta orang berkunjung kesini. 

Sampai detik ini saya menyadari bahwa pentingnya belajar sejarah.

Bahkan presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, sempat mampir mengucap syukur ketika Portugal menang Euro Cup 2016.

Yah... Fatima adalah Vatikan kedua di Benua Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun