Mohon tunggu...
Dere Linggau
Dere Linggau Mohon Tunggu... Sedang mencoba hidup secara nomaden saat ini baru 5 kota di 5 provinsi di Indonesia yang di datangi

Seorang yang sederhana bukan sosialita berasal dari kota pinggiran Sumatera

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Sampai Mati Hutang Tetaplah Hutang

30 Juli 2019   19:45 Diperbarui: 5 Agustus 2019   21:37 0 1 1 Mohon Tunggu...
Sampai Mati Hutang Tetaplah Hutang
Sumber Pinterest

Apakah kau ingin tahu bagaimana cara cepat menghancurkan kepercayaan? pinjam hutang dengan kolega mu lalu menghilanglah selain menghancurkan kepercayaan kau pun akan melihat watak asli kolega mu itu dan ini jujur sangat tidak saya sarankan. Di zaman sekarang siapa sih yang tidak mempunyai hutang? hutang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari semua bahkan sudah merasakannya mulai dari anak SD sampai konglomerat pasti mempunyai hutang, entah itu berupa uang, deposit, atau janji. 

Terlepas dari semua itu apapun bentuknya hutang tidak selalu memiliki arti yang buruk bahkan, jika kita meminjam dengan hati-hati, itu dapat membantu kita keluar dari keterpurukan dan meningkatkan kesejahteraan finansial kita dan semua itu perlu adanya pengelolaan yang baik agar kita bisa menjahui kesulitan kedepannya.

Berikut adalah beberapa tips (yang menurut saya) dapat membantu agar hutang tidak menjadi beban :

1. Pinjamlah hutang dengan NIAT ingin mengembalikan 

Ketika berhutang tanamkan pada diri kita untuk segera melunasinya bila sudah mampu. Niat yang benar untuk membayar hutang akan membantu kita dalam melunasinya.

2. Pinjamilah hutang karena ada tujuan/mendesak

Gak bakal keitung deh betapa banyak orang yang berhutang untuk sesuatu yang nggak jelas tujuannya. Jangan ngutang karena ikut-ikutan teman sekantor hanya karena ada barang bermerek yang lagi diskon, kembali kepada diri kita dan tanyakan apakah kita perlu barang tersebut dan apakah harus sampai segitunya harus ngutang sana sini demi barang yang yang gak penting. 

3. Pinjamlah sesuai kemampuan

Misalnya, jika kita punya gaji Rp 3 juta sebulan (belum dipotong biaya kebutuhan bulanan dan pribadi) Kita seharusnya tidak menghabiskan lebih dari Rp 1 juta untuk membayar hutang.

4. Biasakan membuat anggaran rutin atau struk pembelajaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x