Mohon tunggu...
Deotri Totonafo Saro Gulo
Deotri Totonafo Saro Gulo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Politik

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Pentingkah Adat Saat Ini?

18 Oktober 2021   14:31 Diperbarui: 18 Oktober 2021   15:44 166 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Adat Istiadat adalah sesuatu kebiasaan yang telah dilakukan oleh orang zaman dahulu yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Saat itu adat dibuat untuk mengatur kehidupan masyarakat agar lebih tertib dan teratur karena pada saat itu belum ada suatu aturan baku yang berlaku. 

Tujuannya agar ada suatu semacam undang-undang tidak tertulis yang mengikat seluruh masyarakat bahkan memaksa masyarakat untuk mematuhinya.

kan tetapi dengan seiring majunya zaman, adat sudah mulai disaingi oleh aturan-aturan agama dan aturan-aturan negara yang lebih maju dari pada aturan adat. Lalu pertanyaannya apa masih relevankah aturan adat diberlakukan di zaman seperti yang kita rasakan saat ini?.

Keburukan aturan adat

Aturan adat pada dasarnya mendidik setiap orang agar mau dibentuk menjadi manusia yang baik. Namun, jika kita berkaca pada hari ini, banyak sekali aturan-aturan adat yang tidak sewajarnya diterapkan pada saat ini. 

Contohnya adat di dalam pelaksanaannya mengharuskan melalui segala sesuatu keribetan yang kadang kala terkesan bertele-bertele dan memberatkan yang tidak sesuai dengan zaman teknologi saat ini yang membuat kita semakin mudah dan terbantu dengan adanya teknologi ini. 

Selain itu, kemajuan zaman mengajarkan masyarakat zaman ini untuk melaksanakan segala sesuatu serba instan dan cepat tanpa perlu adanya keribetan. Hal ini mengubah pola hidup saat ini dari yang sebelumnya lambat menjadi cepat dan dari yang sebelumnya sulit menjadi mudah. Di sisi lain, aturan adat tidak mempunyai dasar untuk memaksa setiap orang harus mematuhinya. 

Sedangkan dilihat pada aturan agama mempunyai dasar yaitu kitab suci dan aturan negara yaitu undang-undang yang jelas-jelas tertulis. Orang sudah mulai berpikir kenapa harus mematuhi sesuatu yang tidak jelas dasarnya bahkan tertulis pun tidak, hanya sekedar ucapan secara lisan saja yang diikuti dari generasi ke generasi.

Di dalam pelaksanaan ritual adat pun terkadang tidak masuk logika yang kebanyakan dikaitkan-kaitkan dengan hal mistis bahkan beberapa adat mengajarkan penyembahan kepada Tuhan lain yang jelas-jelas ini bertentangan dengan aturan-aturan agama yang mengajarkan hanya menyembah kepada-Nya dan mejauhi hal-hal seperti ini.

 Juga Kadang dilihat, orang yang melaksanakan adat lebih mementingkan atau lebih mematuhi aturan adat dibanding aturan agama atau aturan negara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan