Mohon tunggu...
Deny Elisya
Deny Elisya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa.

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggunakan Media Sosial

6 Mei 2021   12:12 Diperbarui: 6 Mei 2021   12:15 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Deny Elisya, Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Pengalaman saya mengunakan media sosial, pada zaman sekarang memang tidak bisa dipungkiri tentang pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, apabila masyarakat bisa memanfaatkan kecangihan teknologi dan informasi dengan kreatif  maka bisa dijadikan bahan untuk membuat karya-karya baru maupun melakukan komunikasi dengan memanfaatkan kecangihan teknologi dan informasi yang semakin berkembang dengan pesat. Dengan adanya hal tersebut membuat masyarakat bisa dengan mudah mengakses semua informasi diinternet karena kecanggihan teknologi dan informasi yang ada, dan bisa melakukan sebuah komunikasi kepada orang lain melalui aplikasi-aplikasi seperti whatsapp, instagram, facebook, twitter dan lainya.

Dengan semakin cangihnya teknologi dan informasi mempermudah masyarakat untuk mengakses sebuah informasi dan masyarakat sangat terbantu dengan adanya internet. Karena mereka bisa berkarya lebih kreatif dengan memanfaatkan teknologi dan informasi tersebut, jika masyarakat memiliki kompetensi bisa membuat karya seperti VLOG (video blog) yang nantinya bisa diunggah di youtube dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi maka mereka bisa memperoleh pendapatan tambahan disela-sela waktu luang diluar jam bekerja. Dengan begitu teknologi dan informasi yang mengalami perkembangan yang pesat ini memang mempuyai dampak positif kepada masyarakat dan juga memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi. Selain itu masyarakat juga memperoleh keuntuggan dari kemajuan teknologi informasi dalam konteks kemudahaan dalam komunikasi dan mengakses informasi.

Saya pertama kali mengunakan media sosial adalah aplikasi facebook yaitu melihat saudara perempuan saya yang sering membuka aplikasi tersebut untuk berkomunikasi dengan teman-temanya dan mendapatkan kenalan orang-orang baru. Saudara saya juga sering saling berkomentar dan upload foto atau maupun status. Dengan adanya hal tersebut membuat saya secara tidak langsung tertarik untuk mengunakan aplikasi tersebut.

Saat itu HP masih jarang yang mengunakanya, melainkan masih sering pergi ke warnet. Saya dan teman saya pergi ke warnert kami sangat senang dan membuka aplikasi facebook saya dibantu oleh teman saya. Karena pada awalnya saya merasa bingung dalam mengunakan media facebook dan saya masih belum banyak memiliki pertemanan. Saya pun bertanya kepada teman dan saudara saya. Dan saya pun di tuntun oleh mereka dalam mengunakan facebook. Saya sangat senang menggunkaan facebook karena banyak orang yang mengajak kenalan yang mana secara tidak langsung menambah banyak teman dari berbagai daerah. Serta bisa saling berkomentar dengan teman-teman sekolah saya yang berada di rumah masing-masing. Dan bisa mengabadikan moment-moment indah dalam hidup saya.

Dengan adanya facebook bisa mengisi waktu luang saya untuk menonton dan mencari hiburan, dengan cara menonton video atau status yang di share oleh banyak orang. Dengan mengunakan facebook saya  lebih bisa mengetahui berbagai pengetahuan dan informasi yang di share orang lain. Sampai saat ini saya masih mengunakan facebook karena saya bisa berkomunikasi dengan teman lama saya yang dimana saya tidak memiliki nomor kontaknya. Melalui facebook saya bisa menjalin komunikasi lagi dengan teman saya. Serta saya juga bisa mencari informasi tentang orang yang saya butuhkan dengan hanya mengetik namanya dan langsung ketemu. Dengan mengunakan facebook memiliki banyak manfaat secara langsung maupun tidak langsung. Ketika melihat facebook saya bisa melihat status dan kabar apa yang sedang dishare oleh teman facebook. Pada intinya mengunakan facebook bisa menumbuhkan perasaan senang dan puas serta kenyaman dalam diri. Yang terpenting bisa menjalin komunikasi dengan teman lama yang mana saya tidak memiliki media sosial mereka yang lain dan nomor kontaknya.

Selain media sosial facebook saya juga mengunakan media sosial instagram. Merupakan salah satu media sosial yang tengah digandrungi banyak orang. Penggunannya pun sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Mulai dari pelajar hingga pembisnis. Saya sering mengunakan media sosial instagram untuk berfoto karena merupakan flatform yang fokus di berbagai foto dan video. Karena banyak sekali fitur-fitur menarik seperti filter, instagram story, IGTV dan kemudian jejaring lainya yang membuat pesona instagram yang mampu melekat di hati pengunanya. CEO tersebut memutuskan untuk lebih memfokuskan Burbn pada aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto dan video, berkomentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Aplikasi inilah yang merupakan cikal bakal dari Instagram.

Dengan terus meningkatnya Instagram tak jauh dari peran fitur-fitur istimewa yang di tawarkan oleh Instagram. Instagram adalah media sosial yang memungkinkan penggunanya membagikan foto dan video kepada para pengikutnya. Berikut fitur-fitur unggulan yang dimiliki Instagram : Fitur yang paling utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk berbagi foto dan video kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin kita unggah dapat diperoleh melalui galeri album foto maupun langsung dari fitur kamera bawaan aplikasi Instagram. Serta kita juga dapat memberikan caption dan filter pada foto-fotonya. Selain itu bisa juga dapat melakukan tag atau menandai pengguna lain yang terlibat dalam foto tersebut. Yang menarik dari Instagram adalah kita dapat mengedit foto yang ingin unggah dengan efek atau filter yang telah tersedia di Instagram.

Pada foto atau video yang mau kita unggah, pengguna lain bisa memberikan komentar dan likenya. Di instagram memiliki sebuah fitur tanda suka yang fungsinya sebagai penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah kita unggah. Durasi waktu dan jumlah yang suka pada sebuah foto di dalam Instagram dapat menjadi faktor khusus yang mempengaruhi kepopuleran foto tersebut. Jumlah pengikut kita menjadi salah satu unsur yang penting untuk membuat foto menjadi terkenal.  Dengan instagram saya sering mencari informasi tentang wisata, kuliner maupun pakaian yang terbaru, karena instagram banyak digunakan oleh para pembisnis untuk mengenalkan barang maupun destinasi wisata dengan mudah, karena dizaman sekarang pasti semua orang akan mencari informasi melalui akun media sosialnya.

Menurut saya kita harus lebih bijak dalam memilih konten-konten yang mau kita ungah di media sosial. Walaupun platform media sosial saat ini punya fitur privasi yang bisa kita atur, namun tidak ada salahnya jika kita mengunakan media sosial dengan lebih baik dan bermanfaat sehinga tidak menyingung pihak lain. Jika ingin mencantumkan informasi tidak perlu detail karena di era digital yang canggih, maka semakin banyak pula kejahatan siber. Karena kita tidak akan tahu ancaman-ancaman apa saja yang sedang mengintai kita. Selalu waspadai penguna yang tak dikenal yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas untuk mencegah terjadinya penipuan maupun hal yang tak diinginkan. Filter akun-akun yang diikuti seiring perkembanganya, dan media sosial sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Karena kita sering sekali memandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain yang terlihat di media sosial. Padahal semua yang tampil di medsos hanyalah kulit luar yang tidak kita ketahui isi sebenarnya. Maka untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengikuti akun-akun yang bermanfaat, menghibur, ataupun kredibel yang justru bisa menambah wawasan kita. Serta jauhi akun-akun yang sekiranya toxic dan tidak memberikan manfaat dan kegunaan apapun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun