Mohon tunggu...
Denny S. Batubara
Denny S. Batubara Mohon Tunggu... Penulis - Orang Biasa

Menulislah dengan laptop, jangan dengan hati karena hati gak bisa dipakai menulis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Stasiun TV Kini juga Bersaing di Youtube Channel, Siapa Juara?

7 Juni 2019   20:53 Diperbarui: 7 Juni 2019   20:59 1212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.androidcentral.com

Perkembangan zaman membuat stasiun-stasiun TV berbenah mengikuti kehendak pasar. Salah satu yang banyak dilakukan sekarang adalah ikut bersaing di channel Youtube. 

Kebiasaan pemirsa TV yang berubah menjadi alasan utama mengapa stasiun TV ikut berbenah. Tak bisa dipungkiri, publik saat ini lebih banyak mencari informasi melalui jejaring sosial, khususnya di Youtube. Alih-alih menonton televisi, sebagian sudah menjadikan Youtube sebagai sumber informasi, selain juga untuk mencari materi-materi hiburan.

Bagaimana persaingan stasiun TV di channel Youtube?

Penulis melakukan riset kecil-kecilan, mencari tahu stasiun TV mana yang paling banyak diikuti di Youtube. Dan hasilnya cukup mengejutkan karena ternyata, jika dilihat dari jumlah subscriber, posisi pertama ditempati stasiun televisi Indosiar dan Trans 7 Official dengan 7,2 juta subscriber. Indosiar unggul tipis dengan jumlah 7.243.647 berbanding 7.243.128 per Jumat, 7 Juni 2019.

Keberadaan Indosiar dan Trans 7 Official di posisi teratas memberikan petunjuk bahwa pengguna Youtube membuka video dari akun-akun TV itu sebagian besar adalah untuk mencari konten-konten hiburan, bukan mencari konten berita. Masuk akal jika untuk stasiun-stasiun televisi berita jauh di belakang Indosiar dan Trans 7 Official.

Selain mengupload materi siaran, akun Youtube stasiun televisi juga menjadikan Youtube untuk bersiaran langsung. Pemirsa bisa menyaksikan siaran televisi melalui siaran langsung di Youtube.

Yang menjadi pertanyaan, apakah besarnya pengikut di akun Youtube juga menjadi gambaran pemirsa real? Ini mungkin masih bisa menjadi perdebatan karena bagaimana pun, pemirsa televisi berbeda dengan penonton Youtube.

Untuk lengkapnya, berikut daftar akun Youtube dari stasiun televisi mulai dari yang terbanyak hingga terkecil.

1. INDOSIAR 7,2 JUTA (7,243,647)

2. TRANS 7 OFFICIAL 7,2 JUTA (7,243,128)

3. TRANS TV OFFICIAL 5,7 JUTA

4. RCTI LAYAR DRAMA INDONESIA 5,5 JUTA

5. SURYA CITRA TELEVISI (SCTV) 5,4 JUTA

6. MNCTV OFFICIAL 5,2 JUTA

7. NETMEDIATAMA 3,4 JUTA

8. CNN INDONESIA 2,9 JUTA

9. RCTI ENTERTAINMENT 1,9 JUTA

10. KOMPASTV 1,8 JUTA

11. GLOBAL TV ONLINE 1,5 JUTA (1,591,636)

12. TV ONE 1,5 JUTA (1,540,517)

13. METROTVNEWS 1,2 JUTA (1,200,493)

14. OFFICIAL RCTI 1,1 JUTA (1,180,395)

15. ANTV Klik 1,1 Juta (1,175,880)

16. RAJAWALI TELEVISI - LANGIT RTV 1,1 JUTA (1,102,291)

17. OFFICIAL I-NEWS 1 JUTA

18. BERITASATU 730 RIBU

19. CNBC INDONESIA 136 RIBU

20. DAAI TV Indonesia 89 RIBU

21. TVRI NASIONAL 70 RIBU

22. MYTV OFFICIAL 44 RIBU

23. JAWAPOSTV OFFICIAL 31 Ribu.

Perbedaan jumlah subscriber ini bisa jadi juga dipengaruhi belum semua stasiun televisi mengelola akun Youtubenya secara serius. Sementara ada stasiun televisi yang menggarapnya dengan sungguh-sungguh. 

Yang menarik, jika semua stasiun televisi berkumpul di Youtube, apakah mungkin ke depan pemirsa tak membutuhkan pesawat televisi lagi karena semua sudah bisa disaksikan melalui gadget di Youtube?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun