Mohon tunggu...
Denny S. Batubara
Denny S. Batubara Mohon Tunggu... Orang Biasa

Menulislah dengan laptop, jangan dengan hati karena hati gak bisa dipakai menulis

Selanjutnya

Tutup

Media

Stasiun TV Kini juga Bersaing di Youtube Channel, Siapa Juara?

7 Juni 2019   20:53 Diperbarui: 7 Juni 2019   20:59 0 2 2 Mohon Tunggu...
Stasiun TV Kini juga Bersaing di Youtube Channel, Siapa Juara?
https://www.androidcentral.com

Perkembangan zaman membuat stasiun-stasiun TV berbenah mengikuti kehendak pasar. Salah satu yang banyak dilakukan sekarang adalah ikut bersaing di channel Youtube

Kebiasaan pemirsa TV yang berubah menjadi alasan utama mengapa stasiun TV ikut berbenah. Tak bisa dipungkiri, publik saat ini lebih banyak mencari informasi melalui jejaring sosial, khususnya di Youtube. Alih-alih menonton televisi, sebagian sudah menjadikan Youtube sebagai sumber informasi, selain juga untuk mencari materi-materi hiburan.

Bagaimana persaingan stasiun TV di channel Youtube?

Penulis melakukan riset kecil-kecilan, mencari tahu stasiun TV mana yang paling banyak diikuti di Youtube. Dan hasilnya cukup mengejutkan karena ternyata, jika dilihat dari jumlah subscriber, posisi pertama ditempati stasiun televisi Indosiar dan Trans 7 Official dengan 7,2 juta subscriber. Indosiar unggul tipis dengan jumlah 7.243.647 berbanding 7.243.128 per Jumat, 7 Juni 2019.

Keberadaan Indosiar dan Trans 7 Official di posisi teratas memberikan petunjuk bahwa pengguna Youtube membuka video dari akun-akun TV itu sebagian besar adalah untuk mencari konten-konten hiburan, bukan mencari konten berita. Masuk akal jika untuk stasiun-stasiun televisi berita jauh di belakang Indosiar dan Trans 7 Official.

Selain mengupload materi siaran, akun Youtube stasiun televisi juga menjadikan Youtube untuk bersiaran langsung. Pemirsa bisa menyaksikan siaran televisi melalui siaran langsung di Youtube.

Yang menjadi pertanyaan, apakah besarnya pengikut di akun Youtube juga menjadi gambaran pemirsa real? Ini mungkin masih bisa menjadi perdebatan karena bagaimana pun, pemirsa televisi berbeda dengan penonton Youtube.

Untuk lengkapnya, berikut daftar akun Youtube dari stasiun televisi mulai dari yang terbanyak hingga terkecil.

1. INDOSIAR 7,2 JUTA (7,243,647)

2. TRANS 7 OFFICIAL 7,2 JUTA (7,243,128)

3. TRANS TV OFFICIAL 5,7 JUTA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x