Mohon tunggu...
Denny S. Batubara
Denny S. Batubara Mohon Tunggu... Orang Biasa

Menulislah dengan laptop, jangan dengan hati karena hati gak bisa dipakai menulis

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Rusia Bisa Sulitkan Jepang, Indonesia Seharusnya Juga Bisa

25 Mei 2019   13:25 Diperbarui: 25 Mei 2019   13:29 0 1 1 Mohon Tunggu...
Rusia Bisa Sulitkan Jepang, Indonesia Seharusnya Juga Bisa
bwfsudirmancup.bwfbadminton.com

Babak semifinal Piala Sudirman 2019 akan mempertemukan Indonesia melawan Jepang. Indonesia lolos ke semifinal setelah menang 3-2 atas Taiwan, sementara Jepang melaju ke final setelah menumbangkan Malaysia dengan skor 3-0.

Jepang menjadi unggulan 1-2 di Piala Sudirman 2019 bersama dengan Tiongkok. Sementara Indonesia menjadi unggulan 3-4 bersama Korea Selatan. Berdasarkan faktor unggulan, seharusnya babak final ideal itu adalah mempertemukan Tiongkok vs Jepang. Apalagi, hari ini Tiongkok sudah memastikan diri lolos ke final setelah menang 3-0 atas tim kejutan, Thailand.

Dalam pertandingan Jepang vs Indonesia, posisi Jepang lebih diunggulkan. Mereka memiliki komposisi pemain yang lengkap. Hampir di semua nomor mereka memiliki pemain di peringkat 10 besar dunia. Bahkan di beberapa nomor, mereka adalah peringkat satu dunia.

bwfsudirmancup.bwfbadminton.com
bwfsudirmancup.bwfbadminton.com
Namun tidak ada yang tidak mungkin. Thailand bisa melaju ke semifinal setelah menang 3-1 atas Korea Selatan. Bahkan Inggris bisa mengalahkan Denmark meski akhirnya tersingkir karena Denmark bisa menang 3-2 atas Indonesia.

Salah satu kejutan di Piala Sudirman tahun ini sebenarnya di babak penyisihan saat Rusia unggul 2-1 atas Jepang. Rusia yang sama sekali tidak diunggulkan bisa mencuri dua poin dari Jepang.

Rusia sukses menang di tunggal putera dan ganda putera. Meski akhirnya kalah, namun kehilangan dua poin itu menjadi alarm bagi Jepang bahwa mereka juga bisa kalah, bahkan dari tim yang sama sekali tidak diunggulkan.

Memang dalam hal Rusia vs Jepang, Jepang terlalu gegabah dengan menurunkan pemain lapis kedua. Beruntungnya, kondisi itu tidak membuat Jepang tersingkir.

Bagi Indonesia, peluang mengalahkan Jepang bisa diperoleh jika ganda putera tetap sukses mempertahankan kemenangan ditambah dengan mencuri poin di tunggal putera dan ganda campuran. Bonusnya, jika ganda puteri bisa menyumbangkan poin maka langkah Indonesia makin mudah.

Sekali lagi tidak ada yang tidak mungkin, Rusia saja bisa apalagi Indonesia!