Mohon tunggu...
Dennis Baktian Lahagu
Dennis Baktian Lahagu Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang suami dan ayah, stay di Kota Gunungsitoli

Generasi X, penikmat syair-syair Khairil Anwar, fans dari AC Milan, penyuka permainan basketball.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ariel Tatum dan Kucing Jalanan, Perlu Mengendalikan Populasi Kucing

7 September 2022   11:07 Diperbarui: 7 September 2022   16:08 238 21 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Twitter.com/@aditt_hr 

Twitter.com/@aditt_hr 
Twitter.com/@aditt_hr 

Pertengahan Agustus 2022 lalu, tersiar kabar melalui pemberitaan media bahwa terjadi penembakan sejumlah kucing di lingkungan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI yang terletak di Kota Bandung. Setelah diadakan penyelidikan, penembakan kucing-kucing itu dilakukan seorang anggota TNI berpangkat jenderal bintang satu berinisial NA. Menurutnya penembakan kucing yang dilakukannya dengan mempergunakan senapan angin semata-mata untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan tempat tinggal dan tempat makan para perwira siswa Sesko TNI. Dikemudian hari diketahui bahwa jenderal dimaksud adalah Brigjen (Mar) Nuri Andrianis Djatmika yang pada saat peristiwa terjadi menjabat Komandan Korps Siswa (Dankorsis) Sesko TNI.

Walaupun demikian tindakan yang dilakukan Brigjen (Mar) NA bukan pada tempatnya. Apapun alasan yang dikemukakan, membunuh hewan dapat disangkakan penganiayaan terhadap hewan yang dapat dipidana jika mengacu pada Undang Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Singkat kata, karir Brigjen (Mar) NA mandeg setelah beberapa waktu yang lalu yang bersangkutan dimutasi oleh panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI.

Lain halnya dengan Ariel Tatum yang namanya kemarin trending di jagad maya twitter. Mengapa? Sebuah postingan warga yang memuat foto-foto Ariel Tatum berjalan kaki di kawasan Blok M sambil memberi makan kucing-kucing yang ditemuinya.

Artis bernama lengkap Ariel Dewinta Ayu Sekarini pada awalnya tidak menyukai kucing. Namun setahun lalu ketidaksukaannya berubah ketika melihat seekor kucing liar melahirkan di depan pintu rumahnya. Anak-anak kucing itupun dirawat dan dipeliharanya serta diberi nama Polka, Isabella, Emillia dan Bengal. Inilah yang mengawali kisah sayang seorang Ariel Tatum terhadap kucing-kucing jalanan.

Kucing yang memiliki nama ilmiah Felis Catus merupakan hewan yang unik. Caryn Plummer, spesialis oftalmologi hewan klinis di University of Florida College of Veterinary Medicine, dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa mata kucing lebih tajam dan jauh lebih baik dalam melihat objek ketika hanya sedikit cahaya yang tersedia dibanding mata manusia.

Lebih jauh dipaparkan Plummer di situs livescience.com:

"Cats can see in the dark because the structure of their eyes, and specifically their retinas, permits them 'better' vision than humans when light levels are low. Cats have a higher percentage and concentration of rod photoreceptors than humans, which means they have better sensitivity to light, and can see more in low levels of illumination than we can."

Walau memiliki penglihatan yang tajam, ternyata kucing termasuk kategori hewan yang sangat tidak menyukai air. Kucing akan berusaha menghindari air ketika berjalan atau berlindung ketika hujam. Menyipratkan air ke kucing akan membuat hewan itu melarikan diri. Namun tidak semuanya kucing takut air. Kucing-kucing yang terbiasa dimandikan memiliki keberanian terhadap air. Kita juga terkadang menemukan kucing bermain-main dengan air yang tergenang, seolah-olah mencoba menangkap bayangannya di air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan