Mohon tunggu...
Dennis Gavriel
Dennis Gavriel Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Penulis lepas

Seseorang yang dilahirkan ke dunia untuk memberikan hiburan dengan cara menulis

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Fakta Unik dari Olimpiade Tokyo 2020

3 Agustus 2021   13:30 Diperbarui: 3 Agustus 2021   13:31 143 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fakta Unik dari Olimpiade Tokyo 2020
sumber: kompas.com

 Olimpiade adalah salah satu pesta olahraga terbesar di Dunia dan diikuti juga oleh seluruh Dunia. Olimpiade saat ini bertuan rumah di Tokyo dan dimulai 23 juli 2021. Indonesia juga menjadi salah satu Negara yang saat ini sedang bertanding di Tokyo untuk memperebutkan kemenangan dan juga medali, keseruan dari pertandingan pun juga dapat kita rasakan terutama saat pertandingan badminton. Tanpa kita sadari ternyata selain pertandingannya yang seru dan sengit, olimpiade Tokyo juga menyimpan bayak fakta-fakta unik yang juga seru untuk kita bahas di artikel ini, salah satunya medali, nah dibalik kecantikan medali olimpiade Tokyo, ternyata medali ini menyimpan satu fakta yang menarik banget untuk kita bahas, penasaran? langsung aja ini di fakta unik dari olimpiade Tokyo 2020: 

1. Medali

medali olimpiade Tokyo 2020 (sumber: tekno.kompas.com)
medali olimpiade Tokyo 2020 (sumber: tekno.kompas.com)
Medali dari olimpiade adalah salah satu hadiah yang saat ini sedang diperebutkan, apalagi medali emas? Semua Atlet dari seluruh belahan dunia, selalu bekerja keras untuk mendapatkan medali emas ini. Siapa sangka dibalik dari medali-medali ini ternyata terdapat fakta unik yaitu bahan utama pembuatan medali adalah hasil daur ulang limbah elektronik, jadi medali-medali ini terbuat dari pengolahan perangkat usang seperti laptop dan handphone. Sebagian limbah ini berasal dari toko-toko elektronik di Jepang yang menjual ponsel, selain itu otoritas Jepang juga ikut mengumpulkan limbah ini, alhasil sekitar 78.000 ton limbah elektronik telah dikumpulkan untuk dibuat medali. Puluhan ribu ton limbah tersebut kemudian diekstrak bahan dasar logamnya untuk dijadikan medali emas, perak, dan perunggu. Hasil dari pengolahan puluhan ribu limbah elekronik ini kemudian menghasilkan 32kg emas, 3.500kg perak, dan 2.200kg perunggu, hasil inipun cukup untuk membuat sebanyak 5.000 medali untuk para juara. Proses pembuatan medali ini memang sangat kreatif bahkan kalo kita lihat dari proses pembuatannya sepertinya mengambil konsep ramah lingkungan. 

2. Penginapan untuk Atlet-atlet

penginapan atlet di olimpiade Tokyo 2020 (sumber: merdeka.com)
penginapan atlet di olimpiade Tokyo 2020 (sumber: merdeka.com)
Penginapan khusus atlet selama olimpiade Tokyo 2020 ini ternyata tidak hanya sebatas tempat untuk beristirahat melainkan ada juga beberapa fakta unik didalamnya. Tempat penginapan khusus atlet-atlet ini terletak ditepi laut yang artinya terdapat pemandangan pantai cantik untuk para Atlet memanjakan mata, selain itu terdapat juga Village plaza yang disusun dari pepohonan yang disumbangkan dari 63 kota diluar Tokyo, namun pepohonan tersebut akan kembali pada tempat asalnya setelah pesta olahraga ini berakhir. Terdapat juga tempat untuk bersantai bagi Atlet-atlet yang kelelahan setelah bertanding, salah satunya adalah ruangan Harumi Port Park yang menyediakan kursi pijat untuk relaksasi dan taman bermain yang dibentuk menyerupai kapal bajak laut. Setelah kita membaca rincian fasilitas menarik yang ada disini, rasanya sih kepengen nih untuk menginap juga disini atau menikmati fasilitasnya.

3. Kasur yang digunakan untuk tidur terbuat dari kardus

ranjang yang digunakan di olimpiade Tokyo 2020 (sumber: travel.kompas.com)
ranjang yang digunakan di olimpiade Tokyo 2020 (sumber: travel.kompas.com)
Siapa sangka bahwa ranjang yang disediakan untuk atlet tidur ternyata terbuat dari kardus? Memang seperti yang kita tau kardus itu sepertinya tidak kuat untuk menahan beban yang berlebih, namun di Jepang kardus ini didesain sedemikian rupa agar kuat untuk digunakan. Ternyata kardus yang digunakan untuk membuat ranjang ini diperlukan sekitar 18.000 kardus ringan namun memiliki kualitas tinggi, sehingga dapat kuat untuk menahan beban tubuh para Atlet, Setelah itu jika pesta olahraga ini telah usai, maka kardus yang menjadi kasur ini akan didaur ulang lagi menjadi barang-barang lain seperti kerangka ranjang akan didaur ulang menjadi kertas, sedangkan kasurnya akan didaur ulang menjadi bahan plastik. Selain bahan pembuatan kasur, ternyata ranjang yang terbuat dari kardus ini juga menjadi yang pertama di Dunia olahraga internasional. Ranjang ini juga kuat layaknya seperti ranjang yang terbuat dari kayu atau besi, jadi akan sangat aman bila kamu ingin meloncat-loncat diatas kasur. Kesimpulan dari ranjang ini adalah jadi ranjang ini mengambil konsep ramah lingkungan sehingga bila selesai digunakan tidak perlu dibuang melainkan akan didaur ulang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN