Mohon tunggu...
Deni Nurdiansah
Deni Nurdiansah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Upi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Melalui Kegiatan KKN, Mahasiswa UPI Melakukan Kegiatan Pencegahan Covid-19 dan Juga Membantu Masyarakat Terdampak

10 Juli 2020   15:19 Diperbarui: 10 Juli 2020   15:11 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bisa kita ketahui dalam beberapa bulan ini seluruh di dunia, di hebohkan dengan temuan sebuah virus mematikan yaitu virus Corona atau yang biasa kita sebut dengan virus covid -19. 

Virus ini merupakan virus yang sangat berbahaya karena penyebaran dari virus ini sangat cepat, akibat dari virus ini membuat tumbuh memiliki imunitas yang lemah, karena virus menyerang imunitas tubuh manusia. Dengan adanya virus covid-19 ini menyebabkan kematian dari 500 ribu orang di dunia.

Dan saat ini juga virus covid-19 telah sampai di negera Indonesia, tentu saja kita sebagai warga Negara perlu membantu pemerintah untuk melawan dan memutus rantai penularan covid-19 salah satu hal yang bisa kita lakukan dengan berdiam diri di rumah. Tujuan dengan berdiam diri di rumah dapat membantu pemerintah untuk mencegah timbulnya korban-korban baru akibat virus ini.

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Indonesia yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Covid -- 19 unutk menangani penyebaran virus ini. KKN merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Pada masyarakat.

Saya Deni Nurdiansah selaku mahasiswa dari prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, telah Melaksanakan Kegiatan KKN ini dilingkungan tempat tinggal saya yang terletak di JL. Cikutra Gg Sukasari 1 RT.01 RW.04 keluruhan Neglasari Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung.

Kegiatan ini saya lakukan dari tanggal 17 Mei 2020 sampai dengan tanggal 7 Juni 2020 yang dalam pelaksanaannya dibimbing oleh Ibu Yulia Puspita, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dalam Pelaksanaan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 ini, saya melakukan berbagai program, yang salah satunya adalah program edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat.

Yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dalam mengimplementasikan program tersebut, kegiatan yang pertama saya lakukan yaitu membuat poster dan video edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat. Kemudian disalurkan melalui akun Instagram pribadi saya dengan nama deni_nurdiansah. Poster tersebut berisi edukasi dan juga informasi mengenai virus covid -19 dan juga cara pencegahan penyebarannya.

Dalam pembuatan poster saya membuat 5 buah poster terdiri dari berbagai macam informasi dan edukasi untuk diri saya pribadi dan juga masyarakat yang bisa dilihat di Instagram saya pribadi dan juga saya membagikan di whatsapp story saya untuk memberikan informasi juga kepada teman dan keluarga saya.

Untuk Kegiatan kedua saya melakukan pembuatan cairan disinfektan dan juga memberikan masker kepada masyarakat, saya membuat 10 botal cairan disinfektan dan juga 40 masker yang saya bagikan bersama kepala Rukun Tetangga(RT) disekitar rumah saya yang dibagikan kepada keluarga yang kekurangan dan tidak bisa membeli barang tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun