Mohon tunggu...
Deni Mildan
Deni Mildan Mohon Tunggu... Lainnya - Geologist

Geologist | Open Source Software Enthusiast | Menulis yang ringan-ringan saja. Sesekali membahas topik serius seputar ilmu kebumian | deni.mildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Penyelamat Kantong Karyawan Gaji Pas-pasan

29 November 2021   14:20 Diperbarui: 29 November 2021   17:53 1412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beasiswa Unggulan Kemdikbud. Foto: Kemendikbud

Sempat ragu dengan kemampuan diri untuk menempuh studi lanjut, akhirnya saya membulatkan tekad untuk menjajal Program Magister Teknik Geologi ITB pada semester genap 2016/2017. Motivasi utama saya saat itu berfokus pada peluang pengembangan diri, khususnya pada penelitian bidang geosains.

Saat hendak mengikuti ujian masuk, saya telah menyisihkan sebagian penghasilan. Saya tidak terlalu kesulitan untuk membiayai ujian masuk, pemenuhan persyaratan, dan biaya pendidikan semester pertama.

"Ternyata seru juga", pikir saya selama kuliah berjalan. Banyak teman dan pola pikir baru yang saya pelajari di sana. Proses "cuci otak" yang dilakukan dosen-dosen berpengalaman sukses menyadarkan diri bahwa pengetahuan masih banyak tersimpan di luar sana.

Sampai suatu ketika, menjelang akhir semester pertama, kenikmatan belajar harus terganggu. Rupanya uang tabungan saya tidak akan cukup untuk membiayai kuliah semester selanjutnya. Kehidupan ganda sebagai karyawan dan mahasiswa otomatis meningkatkan kebutuhan biaya untuk hidup sehari-hari. 

Tugas-tugas perlu tinta dan kertas untuk menyelesaikannya. Begadang pun perlu makanan sebagai bahan bakar. Tak ketinggalan, biaya transportasi pun meningkat karena harus bolak-balik kampus - tempat kerja hampir setiap hari.

Saya sempat kebingungan. 

Gaji pas-pasan jelas tidak akan cukup untuk membiayai semester yang akan datang. Proyek pekerjaan lapangan juga sedang sepi. Rasanya malu jika harus memohon bantuan ke orang tua. Saya anak laki-laki dan harus mulai belajar hidup mandiri.

Singkat cerita, salah seorang teman menyarankan untuk mencari beasiswa. Ia kenal seseorang yang mendapatkan beasiswa on-going di semester dua.

Saya akhirnya bertanya langsung kepada yang bersangkutan. Ia memberikan informasi mengenai beasiswa yang ia peroleh. Program itu bernama Beasiswa Unggulan besutan Kemdikbud.

Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral. Pendaftar adalah calon mahasiswa yang sudah mengantongi surat keterangan diterima di perguruan tinggi atau baru masih semester 1 dan belum menerima KHS, dan mahasiswa on-going maksimal semester 3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun