Mohon tunggu...
Deni Mildan
Deni Mildan Mohon Tunggu... Lainnya - Geologist

Geologist | Open Source Software Enthusiast | Menulis yang ringan-ringan saja. Sesekali membahas topik serius seputar ilmu kebumian | deni.mildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Jangan Khawatir! 5 Hal Baik Ini Akan Terjadi Setelah Lewati Quarter Life Crisis

16 Mei 2021   11:20 Diperbarui: 17 Mei 2021   11:47 948 17 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Khawatir! 5 Hal Baik Ini Akan Terjadi Setelah Lewati Quarter Life Crisis
Ilustrasi quarter life crisis (Photo by Startup Stock Photos from Pexels)

Quarter life crisis merupakan suatu hal yang lumrah terjadi dalam perkembangan setiap individu. 

Umumnya pada usia rata-rata 25 tahun seseorang telah dituntut untuk dapat bertindak sebagaimana orang-orang dewasa di sekitarnya, bukan lagi anak remaja yang masih didukung kebutuhannya oleh orangtua.

Pada fase tersebut, biasanya kita akan diliputi berbagai perasaan tidak nyaman terutama tentang diri kita sendiri. Kebingungan soal jati diri, mempertanyakan tujuan hidup, meragukan pilihan karier dan lain sebagainya merupakan rentetan kegelisahan yang kerap menghampiri.

Kita sering tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri. Rasanya selalu ada yang kurang, padahal kelebihan banyak kita miliki.

Meski merepotkan dan terkesan sangat berat bagi sebagian orang, quarter life crisis adalah sebuah batu loncatan untuk mencapai kedewasaan. 

Fase ini dapat kita ibaratkan sebagai masa trial and error, penuh dengan eksperimen dan penalaran untuk memperoleh formula yang pas dalam menjalani kehidupan di masa yang akan datang.

Seperti halnya banyak fase kehidupan lain, kita perlu yakin bahwa kegelisahan quarter life crisis juga akan indah pada waktunya. 

Dikutip dari Tirto.id, Dr. Oliver Robinson, peneliti dan pengajar psikologi dari University of Greenwich, London, berpendapat bahwa quarter life crisis terdiri dari 4 fase. 

Pada fase pertama, kita akan terjebak dalam suatu situasi misalnya relasi, pekerjaan, dan lain-lain. Kedua, kita mulai yakin bahwa perubahan mungkin saja terjadi. 

Ketiga, kita akan mulai membangun kembali kehidupan berdasarkan pengalaman yang kita alami. Terakhir, kita akan dapat mengukuhkan komitmen tentang nilai-nilai dalam kehidupan kita.

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut adalah beberapa hal baik yang akan dirasakan setelah melewati quarter life crisis.

1. Mencintai diri sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN