Mohon tunggu...
Deni Mildan
Deni Mildan Mohon Tunggu... Geologist

Geologist | Open Source Software Enthusiast | Menulis yang ringan-ringan saja. Sesekali membahas topik serius seputar ilmu kebumian | deni.mildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Manfaatkan Waktu Luang, Pelajari 5 Skill Ini di Bulan Ramadan

15 April 2021   10:52 Diperbarui: 15 April 2021   10:53 349 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaatkan Waktu Luang, Pelajari 5 Skill Ini di Bulan Ramadan
Photo by cottonbro from Pexels

Bulan Ramadan sejatinya adalah bulan amal. Bukan malah bermalas-malasan karena lapar dan dahaga, kita dituntut untuk selalu aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Sejalan dengan prinsip tersebut, waktu luang yang biasanya lebih banyak selama Bulan Ramadan semestinya dapat kita gunakan dengan baik. Sayang jika kita melewatkan waktu berjam-jam hanya untuk tidur, bermain game, atau menonton video. Kita bisa memanfaatkan keleluasaan tersebut untuk mengasah skill baru dapat membantu pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa keterampilan yang cocok untuk kita pelajari selama Ramadan.

1. Fotografi

Siapa bilang fotografi itu sulit. Meski dengan kamera seadanya kita masih bisa menghasilkan foto-foto yang ciamik. Kita bahkan bisa mendapatkan jepretan terbaik hanya dengan modal ponsel. 

Kita bisa menggunakan sumber daya murah meriah seperti Youtube dan artikel-artikel di internet untuk belajar dasarnya. Untuk praktiknya, kita bisa mengabadikan momen berbuka puasa bersama keluarga atau kegiatan ngabuburit di lingkungan sekitar.

Teknik fotografi yang baik bukan hanya bisa kita gunakan untuk mendapatkan like di media sosial. Bagi para pemilik bisnis online, foto yang baik merupakan salah satu hal yang membuat pembeli penasaran dan tertarik membeli produk kita.

2. Digital marketing

Di era internet seperti sekarang, sudah saatnya melakukan segala sesuatu secara digital termasuk di bidang penjualan. Khusus untuk yang punya bisnis online ataupun berencana untuk memulainya, skill digital marketing sangat diperlukan untuk dapat menarik minat pembeli. Sebagus apapun produknya, tanpa pemasaran yang baik hasil yang didambakan akan sangat sulit dicapai. 

Kita bisa mulai belajar dari mengetahui target pasar dan pilihan produk. Selanjutnya kita bisa mulai mengembangkan konsep untuk website dan akun media sosial toko online kita.

3. Menulis

Mengisi waktu luang saat puasa dengan menulis patut untuk dicoba. Jangan terpaku pada topik-topik yang berat dan butuh berpikir seruis. Kita bisa mulai dari tulisan ringan seperti pengalaman puasa hari ini, keluh kesah selama kuliah daring, atau tips bercocok tanam. Siapa tahu tulisan bisa terkenal dan memberikan penghasilan tambahan.

Jika kita butuh motivasi dan ide untuk menulis, cobalah untuk bergabung dengan komunitas, seperti Kompasiana ini misalnya. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kita terhadap tulisan kita.

4. Memasak

Waktu menunggu buka puasa dan sahur bisa jadi momen yang tepat untuk mulai belajar memasak. Mempelajari skill ini bisa dimulai dari mendampingi orang tua atau pasangan di dapur. Jangan malu untuk bertanya jika ada prosedur yang kurang dipahami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x