Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kelas Kepribadian, Perlu atau Tidak untuk Diikuti?

26 Mei 2022   17:43 Diperbarui: 27 Mei 2022   05:43 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peragaan busana mempraktekkan cara berjalan di atas panggung (dokumentasi pribadi)

Apa yang terlintas dalam pikiran kala disebutkan kelas kepribadian? Dulu saat masih duduk di bangku SMP yang ada di benak saya langsung terkait dunia modelling.

Sebab dari majalah yang saya baca kala itu, dalam ajang pemilihan model pasti para peserta akan mengikuti yang namanya kelas kepribadian. Kemudian dijelaskan tentang apa saja yang mereka pelajari dalam kelas tersebut.

Ada cara berdiri, cara berjalan, cara berbicara, cara duduk bahkan sampai tata cara makan. Dari sana saya simpulkan bahwa Kelas Kepribadian diperuntukkan bagi para model.

Seiring berjalannya waktu, pemahaman saya tersebut rupanya kurang tepat. Artinya memang benar para calon model mempelajari semua hal yang disebutkan di atas. Tapi ternyata kelas kepribadian tidak hanya untuk para model, melainkan bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Profesi apapun, termasuk perorangan juga bisa mengikuti kelas kepribadian. Karena memang apa yang dipelajari di kelas kepribadian sangat bagus. Bisa menjadi pedoman beretika di dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Saya pribadi ketika duduk di bangku SLTA pernah mengikuti kelas kepribadian, yang diadakan oleh salah satu majalah remaja kala itu. 

Meski saat itu status saya masih pelajar, tapi saya ingin mengetahui secara langsung bagaimana rasanya berada di kelas kepribadian.

Bagi saya yang saat itu senangnya bergaya cuek dan suka-suka, jelas merasa berat mengikuti kelas kepribadian.

"Duduk saja diatur. Ribet amat sih."

Tapi jujur saja semua yang saya pelajari tersebut dikemudian hari sangat berguna. Terutama tata cara makan dan cara berbicara yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun