Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lomba Makan Kerupuk Sekeluarga, Upaya Mengenalkan Acara 17-an Pada Si Kecil

17 Agustus 2021   18:43 Diperbarui: 17 Agustus 2021   19:05 88 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lomba Makan Kerupuk Sekeluarga, Upaya Mengenalkan Acara 17-an Pada Si Kecil
Dokumen pribadi

Untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, biasanya di tiap-tiap RT dan lingkungan sekitar diadakan acara lomba aneka macam. Yang biasa disebut dengan lomba 17-an.

Namun sejak pandemi Covid-19 acara tersebut ditiadakan. Tahun 2021 pandemi belum berakhir. Sehingga acara lomba 17-an di lingkungan sekitar masih ditiadakan.

Jika tahun lalu saya dan keluarga hanya berfoto-foto saja mengenakan atribut merah putih dalam merayakan Kemerdekaan RI. Tidak begitu dengan perayaan Kemerdekaan RI tahun ini.

Saya dan keluarga berinisiatif membuat lomba di dalam rumah. Untuk seru-seruan sekaligus mengenalkan si kecil tentang lomba 17-an. Jika tidak pandemi pasti si kecil sudah ikutan lomba 17-an di sekitar rumah. 

Sebenarnya sayang sekali tidak ada lomba 17-an. Padahal momen tersebut yang dinanti oleh kita semua untuk merayakan hari Kemerdekaan RI. Mengikuti aneka lomba yang diadakan. Mulai dari lomba makan kerupuk, balap kelereng, memasukkan benang ke jarum dan lain sebagainya. 

Serunya lagi lomba tersebut bisa diikuti oleh semua usia. Bahkan untuk balita dibuatkan lomba khusus. Pokoknya seru dan ramai sekali suasana lomba 17-an itu. Kalaupun tidak mengikuti lombanya, jadi penonton saja sudah terhibur.

Oleh karenanya kasihan melihat si kecil yanh tak merasakan momen seru tersebut. Akhirnya tercetuslah membuat lomba di rumah untuk sekeluarga saja. Lombanya pun yang enak yaitu lomba makan kerupuk. 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Awalnya si kecil tampak kebingungan melihat persiapan kami. Setelah selesai dan dia melihat bagaimana kami makan kerupuk yang diikat. Si kecil jadi heboh dan ikutan ramai sendiri. 

Meski hanya sekeluarga saja, suasana lomba 17-an di rumah kami tak kalah seru dan heboh. Ternyata ada yang belum pernah ikutan lomba makan kerupuk. Jadi momen ini merupakan pengalaman pertamanya.

"Asli. Gue baru kali ini Mba ngerasain lomba makan kerupuk. Dulu-dulu enggak pernah. Cuma ikutan lomba balap karung sama balap kelereng."

Jadi tak sia-sia saya berinisiatif mengadakan lomba makan kerupuk di rumah. Selain upaya mengenalkan si kecil tentang keseruan lomba 17-an. Ternyata menjadi momen spesial bagi anggota keluarga yang belum pernah ikutan lomba 17-an. Wah, tidak menyangka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan